IMPLEMENTASI MODEL BLENDED LEARNING UNTUK KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VI DI SDN 50 BULU’DATU

NURFADILAH, NURFADILAH (2022) IMPLEMENTASI MODEL BLENDED LEARNING UNTUK KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VI DI SDN 50 BULU’DATU. Other thesis, Institut agama islam Negeri (IAIN Palopo).

[thumbnail of NURFADILAH.pdf] Text
NURFADILAH.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurfadilah, 2022 :Implementasi model blended learning untuk kemandirian belajar siswa kelas VI SDN 50 Buludatu. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo, Pembimbing (I)Edhy Rustan dan Pembimbing (II)Andi Muhammad Adjigoena.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui implementasi model blended learning untuk kemandirian belajar siswa, metode yang digunakan adalah deskriptif kuliatatif. Model Blended Learning ini dilakukan dengan dua fase yakni secara tatap muka dan online, Penelitian ini dilakukan dikelas VI SDN 50 Bulu’datu Kota Palopo dengan Instrumen penelitian menggunakan studi dokumentasi, lembar wawancara dan lembar angket. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan yang mendorong kemandirian belajar, kemandirian dalam pelaksanaan model blended learning dan kemandirian dalam evaluasi.
Hasil penelitian dari Implementasi model blended learning Untuk Kemandirian belajar pada (1)Perencanaan model blended learningyang mendorong kemandirian belajar hasil nya dapat dilihat melalui 2 langkah yaitu RPP dengan model Blended Learning dilakukan dengan pembelajaran synchronous dan asynchronous, RPP 1 lembar , dimana pada RPP tertuang bahwa guru mengunggah materi untuk dipelajari siswa secara mandiri, guru juga memberikan pertanyaan yang dapat memicu rasa ingin tahu siswa tentang suatu masalah sehingga siswa mau belajar atau mencari sendiri jawabannya (2) Kemandirian dalam Pelaksanaan Model Blended Learning hasilnya dapat dilakukan dengan melibatkan penggunaan media online, dan dominan tatap muka, jadi guru sebelum memulai pembelajaran akan memberikan materi sehari sebelum pembelajaran secara online berlangsung, guru akan membagikan link materi ataupun powerpoint kepada siswa untuk mereka pelajari dirumah agar saat pembelajaran ada bahan untuk diskusi sehingga pembelajaran menjadi aktif, pembelajaran tetap dominan dilaksanakan dengan tatap muka dikarenakan pembelajaran online hanya sebagai pelengkap dan pendukung penyampaian materiserta terdapat kendala dalam pelaksanaannya, dan melibatkan peran orangtua, (3) Kemandirian dalam Evaluasi model bended learning hasilnya dapat dilihat dari hasil angket siswa yang menunjukkan nilai rata- rata 56,3 dari 72 skor tertinggi untuk kemandirian belajar siswa.
Kata Kunci :Model Blended Learning, Kemandirian Belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 15 Nov 2022 08:06
Last Modified: 15 Nov 2022 08:06
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/4891

Actions (login required)

View Item View Item