NILAI SOLIDARITAS DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERINTEGRASI PERMAINAN TRADISIONAL (BENTENG-BENTENGAN) DI KELAS V SDN 141 MINANGA TALLU KABUPATEN LUWU UTARA

MINANG, PUTRI (2022) NILAI SOLIDARITAS DALAM PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT TERINTEGRASI PERMAINAN TRADISIONAL (BENTENG-BENTENGAN) DI KELAS V SDN 141 MINANGA TALLU KABUPATEN LUWU UTARA. Other thesis, Institut agama islam Negeri (IAIN Palopo).

[thumbnail of PUTRI MINANG.pdf] Text
PUTRI MINANG.pdf

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK
Putri Minang, 2022. “Nilai Solidaritas dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terintegrasi Permainan Tradisional (Benteng-Bentengan) di Kelas V SDN 141 Minanga Tallu Kabupaten Luwu Utara”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Edhy Rustan dan Hisbullah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas pembelajaran kooperatif tipe TGT terintegrasi permainan tradisional (benteng-bentengan), menganalisis nilai solidaritas peserta didik, dan merumuskan aktivitas pembelajaran yang seharusnya dilakukan pada peserta didik kelas V SDN 141 Minanga Tallu Kabupaten Luwu Utara. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan.
Hasil penelitian diperoleh bahwa aktivitas pembelajaran kooperatif tipe TGT terintegrasi permainan tradisional (benteng-bentengan) terdiri atas 6 langkah dengan langkah yang optimal yaitu pada langkah keempat evaluasi materi pelajaran dengan memberikan pertanyaan kepada peserta didik yang ingin menyelamatkan teman dari tawanan lawan dan langkah yang kurang optimal terdapat pada langkah kedua pembagian kelompok berdasarkan jenis kelamin yang membuat peserta didik bosan dengan teman kelompok yang sama pada tiap pembelajaran. Indikator nilai solidaritas yaitu kebersamaan, saling menghargai, tanggung jawab, dan saling membantu belum terpenuhi dengan baik oleh peserta didik yang salah satunya ditunjukkan dengan peserta didik yang saling dorong saat ingin melakukan penyelamatan terhadap teman kelompok yang ditawan oleh lawan. Hal tersebut menunjukkan bahwa belum terpenuhinya indikator saling membantu dengan baik. Dilakukan pengembangan model dengan penambahan langkah pada aktivitas pembelajaran menjadi 11 langkah. Penambahan langkah yang signifikan terdapat pada langkah keempat yaitu pembagian kelompok dengan cara hom pim pah untuk menumbuhkan sikap saling menghargai antar peserta didik, langkah keenam yaitu pertanyaan spesifik sebagai awal dimulainya permainan benteng-bentengan dengan penentuan kelompok penyerang yang berhasil menjawab pertanyaan dengan benar dan mendapatkan 10 poin, langkah kedelapan yaitu pertanyaan reflektif untuk menentukan kelompok pemenang atas permainan benteng-bentengan, dan langkah kesembilan yaitu pengumuman kelompok yang menang beserta julukan yang didapatkan berdasarkan poin yang dikumpulkan selama permainan berlangsung.
Kata Kunci: Nilai Solidaritas, Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament, Permainan Tradisional

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 16 Nov 2022 00:59
Last Modified: 16 Nov 2022 00:59
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/4894

Actions (login required)

View Item View Item