PENGARUH SOSIAL, KEPRIBADIAN, DAN PSIKOLOGIS TERHADAP PENGGUNAAN PRODUK BANK KONVENSIONAL (Studi Kasus pada S1 Mahasiswa Prodi PerbankanSyariah IAIN Palopo Angkatan 2019)

Syamsu, Syamsukma (2022) PENGARUH SOSIAL, KEPRIBADIAN, DAN PSIKOLOGIS TERHADAP PENGGUNAAN PRODUK BANK KONVENSIONAL (Studi Kasus pada S1 Mahasiswa Prodi PerbankanSyariah IAIN Palopo Angkatan 2019). Other thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of SKRIPSI SYAMSUKMA.PDF] Text
SKRIPSI SYAMSUKMA.PDF

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Syamsukma Syamsu, 2022, “Pengaruh Sosial, Pribadi dan Psikologis Terhadap
Penggunaan Produk Bank Konvensional (Studi kasus pada S1 Mahasiswa
Prodi Perbankan Syariah I IN Palopo angkatan 2019)”.Skripsi Program
StudiPerbankanSyariahFakultasEkonomidanBisnis Islam Institut Agama
Islam NegeriPalopo.DibimbingOlehZainuddin S, S.E, M.Ak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah faktor sosial, pribadi dan
psikologis berpengaruh terhadap penggunaan produk bank konvensional oleh
mahasiswa Prodi Perbankan Syariah IAIN Palopo angkatan 2019. Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan populasi seluruh mahasiswa
Prodi Perbankan Syariah IAIN Palopo angkatan 2019 yang menggunakan bank
konvensional dengan jumlah sampel sebanyak 60 responden menggunakan rumus
slovin, dengan pengumpulan data dengan membagikan angket. Metode penelitian
yang digunakan yaitu analisis regresi berganda dengan bantuan software SPSS
versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor sosial dan psikologis
berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan produk bank
konvensional oleh mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Palopo angkatan 2019,
sedangkan faktor pribadi tidak berpengaruh terhadap penggunaan produk bank
konvensional oleh mahasiswa Perbankan Syariah IAIN Palopo angkatan 2019.
Dimana hasil dari Adjuster Rsquare sebesar 0,453 atau 45,3% menunjukkan
variabel penggunaan produk dipengaruhi oleh ketiga faktor independen yang
digunakan dalam penelitian ini, sedangkan sisanya sebesar 0,547 atau 54,7%
dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
Kata Kunci: FaktorSosial, FaktorPribadi, Faktor Psikologis, Penggunaan
Produk..

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 23 Nov 2022 01:43
Last Modified: 23 Nov 2022 01:43
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/4913

Actions (login required)

View Item View Item