ANALISIS RISIKO PEMASARAN PRODUK MULIA PADA PEGADAIAN SYARIAH LUWU

MIFTAHUL JANNAH, LENI (2022) ANALISIS RISIKO PEMASARAN PRODUK MULIA PADA PEGADAIAN SYARIAH LUWU. Other thesis, Institut agama islam Negeri (IAIN Palopo).

[thumbnail of LENI MIFTAHUL JANNAH.pdf] Text
LENI MIFTAHUL JANNAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Leni Miftahul Jannah, 2022.“Analisis Risiko Pemasaran Produk MuliaPada Pegadaian Syaria Luwu”. Skrispi Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing Oleh Hendra Safri.
Skripsi ini membahas tentang Analisis Risiko Pemasaran Produk Mulia Pada Pegadaian Syaria Luwu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana risiko dalam pemasaran produk mulai di pegadaian syariah Luwu. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini diperoleh dari sumber data primer dan data sekunder dengan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Instrumen penelitian atau alat yang digunakan untuk mengambil data dalam penelitian ialah handphone, kamera, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ini, risiko dalam pemasaran produk mulai di pegadaian syariah Luwu ada tiga, diantaranya persentase biaya promosi, tingkat penjualan per salesperson, rasio konsumen dan total salesperson. Dari ke tiga indikator tersebut menunjukan bahwa tingkat risiko dalam pemasaran produk mulia termasuk dalam kategori rendah dan sudah memenuhi peraturan yang diterapkan oleh pihak pegadaian syariah cabang Luwu. Namun hal yang perlu diperhatikan khususnya pada pemasaran produk mulia dimana kurangnya keyakinan nasabah terhadap produk mulia sehingga nasabah kurang yakin dalam mengambil keputusan, seperti calon nasabah yang menganggap bahwa produk mulia memiliki angsuran yang begitu besar yang akan bertambah angsuran demi angsuran, padahal faktanya angsuran produk mulia bersifat flat tidak naik dan tidak turun.hal tersebut dapat berisiko terhadap produk. Hal ini perlu diperhatikan agar calon nasabah dapat lebih percaya untuk mengambil sebuah produk yang ada dipegadian syariah cabang Luwu.
Kata kunci: Risiko dan Pemasaran Produk Mulia

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 24 Nov 2022 00:08
Last Modified: 24 Nov 2022 00:08
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/4921

Actions (login required)

View Item View Item