IMPLEMENTASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 1 BAJO KABUPATEN LUWU

AIGA, NUR (2022) IMPLEMENTASI MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 1 BAJO KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut agama islam Negeri (IAIN Palopo).

[thumbnail of NUR AIGA.pdf] Text
NUR AIGA.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Nur Aiga, 2022. “Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di SMP Negeri 1 Bajo Kabupaten Luwu” Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh . Hasri dan Alimuddin.
Skripsi ini membahas tentang Implementasi Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di SMP Negeri 1 Bajo Kabupaten Luwu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi perencanaan sarana dan prasarana, pengadaan sarana dan prasarana, inventarisasi sarana dan prasarana, penggunaan sarana dan prasarana, pemeliharaan sarana dan prasaran serta penghapusan sarana dan prasarana dalam peningkatan mutu pembelajaran di SMP Negeri 1 Bajo Kabupaten Luwu.
Metode Penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitiannya yakni kepala sekolah, bidang sarana dan prasarana, staf TU dan guru SMP Negeri 1 Bajo Kabupaten Luwu.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Perencanaan dimulai dengan analisis kebutuhan sarana dan prasarana apa saja yang menjadi kebutuhan sekolah. Analisis kebutuhan dilakukan melalui rapat tim pengembagan sekolah pada awal tahun ajaran baru guna menganalisis kebutuhan perlengkapan sekolah yang akan diajukan. (2) Pegadaan sarana dan prasarana ditentukan oleh kepala sekolah dan koordinasi kepada bendahara. Pengadaan sarana dan prasarana dilakukan dengan beberapa cara seperti pembelian, perbaikan, hibah/pemberian dari pihak tertentu, serta pengadaan sendiri (3) Inventarisasi sarana dan prasarana dilakukan dengan dua cara yaitu pencatatan perlengkapan dan pembuatan kode barang. Barang atau perlengkapan dicatat dalam buku inventarisasi. (4) Penggunaan sarana dan prasaran melakukan penjadwalan dalam penggunaannya, seperti penggunaan laboratorium, ketika pembelajaran TIK, guru mata pelajaran melakukan penjadwalan kelas agar jadwal tidak berbenturan dengan kelas lain sehingga proses belajar mengajar bisa berjalan secara maksimal. (5) Pemeliharaan sarana dan prasarana dilakukan dengan perawatan dan pengecekan berkala terhadap barang atau perlengkapan dan bangunan sekolah. (6) Penghapusan sarana dan prasarana dilakukan pencatatan barang yang kondisi barangnya rusak berat dan tidak bisa digunakan lagi, dan disimpan di gudang terlebih dahulu sebelum dibuatkan berita acara pemusnahan barang. Jika sudah ada berita acara pemusnahan barang maka barang yang akan dihapus akan dibuang. (7) Mutu pembelajaran mencakup perencanaan pembelajaran, pelaksanan dan penilaian.
Kata kunci : Manajemen Sarana dan Prasarana, Mutu Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.36 Metode Pengajaran Tertentu, Metode Pembelajaran Tertentu
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi S-2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 24 Nov 2022 00:59
Last Modified: 24 Nov 2022 00:59
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/4923

Actions (login required)

View Item View Item