STRATEGI PENGEMBANGAN UKM BERBASIS EKONOMI KREATIF (STUDI KASUS PADA POKLAHSAR CAKALANG MAS KOTA PALOPO)

Natsir, Septiana Zalsabella (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN UKM BERBASIS EKONOMI KREATIF (STUDI KASUS PADA POKLAHSAR CAKALANG MAS KOTA PALOPO). Other thesis, IAIN Palopo.

[thumbnail of septiana.pdf] Text
septiana.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Septiana Zalsabella Natsir, 2022. “Strategi Pengembangan UKM Berbasis
Ekonomi Kreatif (Studi Kasus Pada Poklahsar Cakalang Mas Kota
Palopo)”. Skripsi Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi
dan Bisnis Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Skripsi ini membahas tentang Strategi Pengembangan UKM Berbasis Ekonomi
Kreatif (Studi Kasus pada Poklahsar Cakalang Mas Kota Palopo). Tujuan Penelitian
ini adalah menganalisis strategi apa yang telah dijalankan UKM berbasis ekonomi
kreatif Poklahsar Cakalang Mas Kota Palopo dan memberi alternatif strategi yang
sesuai dengan posisi dan keadaan usaha saat ini. Jenis penelitian ini menggunakan
penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan
adalah sumber data primer yaitu data dari informan. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara, koesioner dan dokumentasi di Poklahsar
Cakalang Mas Kota Palopo. Teknik analisis data menggunakan model analisis
SWOT pendekatan kuantitatif untuk membantu analisis penelitian dalam penentuan
posisi dan alternatif strategi pengembangan usaha pada Poklahsar Cakalang Mas
Kota Palopo.
Hasil penelitian yang diperoleh, bahwa strategi UKM Cakalang Mas Kota
Palopo berdasarkan diagram kuadran analisis SWOT berada pada kuadran I yaitu
memiliki peluang dan kekuatan yang besar. Alternatif strategi sesuai matrik SWOT
yaitu Strategi S-O dengan alternatif strategi yang terdiri dari: (1) Meningkatkan
kualitas produk dari segi cita rasa, (2) Mempertahankan kualitas produk dan harga
yang mampu dijangkau oleh masyarakat, (3) Peningkatan mutu SDM dengan giat
mengikuti berbagai pelatihan-pelatihan kewirausaahan, (4) Memperluas pangsa
pasar dengan mengoptimalkan strategi pemasaran dengan menggunakan media
sosial, (5) Meningkatkan kegiatan produksi dengan penggunaan teknologi.
Kata Kunci: Strategi pengembangan, UKM, Ekonomi Kreatif, SWOT

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 338.93-338. Perkembangan Ekonomi di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 06 Dec 2022 01:31
Last Modified: 06 Dec 2022 01:31
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/4960

Actions (login required)

View Item View Item