DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR DAN SOLUSINYA DALAM MENYELESAIKAN ALJABAR SISWA KELAS VII DI SMPN 3 MALILI

JULIANTI, JULIANTI (2022) DIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR DAN SOLUSINYA DALAM MENYELESAIKAN ALJABAR SISWA KELAS VII DI SMPN 3 MALILI. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of JULIANTI.pdf] Text
JULIANTI.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Julianti, 2022. “Diagnosis Kesulitan dan Solusinya dalam Menyelesaikan Aljabar
Siswa Kelas VII di SMPN 3 Malili”. Skripsi, Program Studi Pendidikan
Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam
Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing oleh Dr. Subekti Masri, M.Sos.I. dan
Muh. Hajarul Aswad A., M.Si.
Skripsi ini membahas tentang diagnosis kesulitan siswa menyelesaikan soal
matematika dan solusi yang dilakukan pada pokok bahasan operasi aljabar kelas
VII di SMPN 3 Malili. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa
menyelesaikan soal matematika, penyebab siswa melakukan kesulitan, dan solusi
yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek
penelitian ini adalah 6 siswa yang dipilih secara acak berdasarkan hsil tes,
didasarkan pada banyaknya jenis kesalahan yang dilakukan siswa. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan wawancara. Teknik analisis data
dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Instrument penelitian yang digunakan yaitu tes uraian dan pedoman wawancara.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1)kesulitan siswa menyelesaikan
soal matematika berdasarkan indikator konsep antara lain: kesulitan dalam
menentukan unsur-unsur aljabar, kesulitan dalam penggunaan tanda bilangan.
Indikator prinsip antara lain: kesulitan dalam penggunaan prinsip penyederhanaan
operasi bentuk aljabar, kesulitan menghitung bilangan negatif dengan bilangan
negatif. (2)penyebab siswa mengalami kesulitan berdasarkan indikator konsep
antara lain: siswa hanya menghapal definisi, kurang teliti dengan apa maunya soal.
Indikator prinsip antara lain: pemahaman siswa yang relatif rendah, tidak
memahami prinsip dalam penyederhanaan operasi bentuk aljabar,tidak teliti dalam
menuliskan soal, tergesa-gesa dalam menjawab. (3)solusi pemecahan masalah
berdasarkan indikator konsep antara lain: menjelaskan dengan kalimat yang
sederhana, mengubah konteks kalimat dengan bahasa yang mudah diingat,
mengingatkan materi yang telah dipelajari sebelum masuk ke pembahasan
selanjutnya. Indikator prinsip antara lain: memberikan contoh bervariasi agar siswa
terbiasa menjawab soal, memberikan tugas tambahan, menjelaskan kembali prinsip�prinsip dan konsep yang digunakan dalam operasi bentuk aljabar.
Kata kunci : diagnosis kesulitan menyelesaikan soal matematika, pemecahan
masalah, operasi aljabar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 12 Dec 2022 01:13
Last Modified: 12 Dec 2022 01:14
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/4976

Actions (login required)

View Item View Item