HASMAN, FEBRY (2022) PENERAPAN MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM PENINGKATAN KEDISIPLINAN DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) AL-KHAERIYAH MURANTE KABUPATEN LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
FEBRY HASMAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Febry Hasman, 2022, “Penerapan Manajemen peserta Didik dalam Peningkatan
Kedisiplinan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Khaeriyah
Murante Kabupaten Luwu”. Skripsi Program Studi Manajemen
Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Palopo Dibimbing Hj. Nuryani dan Nur
Rahmah.
Skripsi ini membahas tentang Penerapan Manajemen Peserta Didik dalam
Peningkatan Kedisiplinan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Khariyah Murante
Kabupaten Luwu. Rumusan masalah (1) Bagaimana pelaksanaan manajemen
peserta didik di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Khaeriyah Murante, (2) untuk
mengetahui kedisiplinan peserta didik di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al�Khaeriyah Murante, (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat
kedisiplinan peserta didik.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan
manajemen peserta didik di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Khaeriyah Murante,
serta ingin mengetahui kedisiplinan peserta didik di Madrasah Tsanawiyah (MTs)
Al-Khaeriyah Murante, juga sekaligus mengetahui faktor pendukung dan
penghambat kedisiplinan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Khaeriyah Murante.
Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan menggunakan pendekatan
penelitian kualitatif desktiptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini ialah kepala
sekolah, wakil kepala sekolah bagian peserta didik, guru/wali kelas, dan peserta
didik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Manajemen peserta didik di
MTs Al-khaeriyah Murante meliputi kegiatan yang pertama perencanaan,
pelaksanaan dan evaluasi terhadap program peserta didik. (2) Kedisiplinan peserta
didik di MTs Al-Khaeriyah Murante cukup bagus. Hal ini terlihat dari perilaku
peserta didik yang menjunjung tinggi tata tertib sekolah. Meski masih ada yang
melanggar, tetapi dilakukan oleh peserta didik yang belum sadar akan pentingnya
disiplin untuk selalu mendapat bimbingan dan arahan dari pihak sekolah agar
terbiasa disiplin yang ditunjukkan melalui sikap ketaatan, kesetiaan, dan
ketertiban peserta didik terhadap peraturan sekolah. (3) Faktor pendukung
kedisiplinan peserta didik meliputi; Teladan, Lingkungan Berdisiplin, latihan
berdisiplin. Sedangkan faktor penghambat tingkat kedisiplinan peserta didik yaitu
faktor internal merupakan faktor dari diri peserta didik itu sendiri kedua yaitu
faktor eksternal yaitu faktor dari luar diri peserta didik contohnya; pertemanan,
kemajuan teknologi, pengaruh gaya, dan lingkungan.
Kata Kunci : Manajemen, Peserta Didik dan Kedisiplinan
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.331 Madrasah Tsanawiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 12 Dec 2022 02:48 |
Last Modified: | 12 Dec 2022 02:48 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/4978 |
Actions (login required)
View Item |