SUARDI, FITRAH (2022) PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 2 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
FITRAH SUARDI.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Fitrah Suardi, 2022. ”Penerapan Model Role Playing di Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 2
Palopo.” Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Negeri Palopo,
dibimbing oleh Ibu Nursyamsi dan Bapak Mustafa.
Penulisan ini menjawab dua pertanyaan penulis yakni: Bagaimana
Penerapan Model Role Playing Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 2 Palopo dan Bagaimana Faktor
Pendukung dan Penghambat Penerapan Model Role Playing di Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 2 Palopo.
Penulisan ini adalah penulisan kualitatif deskriptif yang menggambarkan fakta
dilapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan metodel observasi dan
wawancara (kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam, dan peserta didik).
Pendekatan dan Jenis Penulisan, Lokasi dan Waktu Penulisan, Fokus
Pembelajaran, Definisi Istilah, Desain Penilitian, Sumber Data, Penulisan, Teknik
Pengumpulan Data, Pemeriksaan Keabsahan Data, Teknik Analisis Data. Hasil
penulisan menunjukkan bahwa 1) Salah satu model pembelajaran yang
memberikan kesempatan kepada peserta didik aktif dalam proses pembelajaran
dengan menggunakan model role playing (bermain peran). Model pembelajaran
role playing adalah model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada
peserta didik untuk bermain peran sesuai materi yang diajarkan. Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam merupakan salah satu pelajaran wajib diajarkan di setiap
sekolah karena pelajaran ini sangat penting berisikan tentang ajaran-ajaran Islam,
baik itu teori maupun praktik. Faktor pendukung dan penghambat penerapan
model role playing di pembelajaran pendidikan agama Islam yaitu; a)
Kemampuan guru. b) Meyediakan alat peraga/media. Sedangkan faktor
penghambatnya yaitu: c) Kesulitan dalam menemukan materi yang cocok dengan
peserta didik. d) Kesulitan dalam memilih model yang sesuai dengan materi
pembelajaran. e) Kemampuan peserta didik berbeda-beda.
Kata kunci: Penerapan, Model Role Playing, Pembelajaran PAI.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 13 Dec 2022 01:33 |
Last Modified: | 13 Dec 2022 01:33 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/4989 |
Actions (login required)
View Item |