PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN LECTORA INSPIRE MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BAJO

Wahyuni, Wahyuni (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN LECTORA INSPIRE MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BAJO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of WAHYUNI 1.pdf] Text
WAHYUNI 1.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK
Wahyuni, 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan
Lectora Inspire Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel untuk
Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMP Negeri 3 Bajo”. Skripsi Program
Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing oleh Dwi Risky
Arifanti dan Lisa Aditya Dwiwansyah Musa.
Pengembangan media pembelajaran matematika berbantuan lectora
inspire merupakan salah satu media pembelajaran yang digunakan sebagai sarana
untuk membantu siswa dalam meningkatkan minat belajar serta memahami materi
yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan,
kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran matematika berbantuan lectora
inspire materi sistem persamaan linear dua variabel.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Reseach and
Development (RD). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Bajo dengan
subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII.1, untuk mengetahui kelayakan produk,
peneliti menyebar angket kepada validator ahli materi dan ahli media serta angket
praktikalitas dan angket minat belajar kepada siswa kelas VIII.1 di sekolah
tersebut.
Pengembangan media pembelajaran ini dikembangkan dengan beberapa
tahapan yaitu analisis (Analysis), perancangan (Design), pengembangan
(Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran matematika berbantuan
lectora inspire materi sistem persamaan linear dua variabel untuk meningkatkan
minat belajar siswa kelas VIII yaitu hasil uji media pembelajaran memenuhi
kriteria kevalidan (78,43%) dengan kategori valid, respon siswa (82,69%) dengan
kategori sangat praktis dan minat belajar siswa (77,96%) dengan kategori efektif.
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran
matematika berbantuan lectora inspire termasuk dalam kategori valid, praktis dan
efektif.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Lectora Inspire, SPLDV, Minat Belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 16 Dec 2022 06:09
Last Modified: 16 Dec 2022 06:09
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/4993

Actions (login required)

View Item View Item