ANALISIS DESKRIPTIF STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM MEMOTIVASI SANTRI PADA PROGRAM TAHFIẓ AL-QUR’AN DI PESANTREN MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL (MBS) KOTA PALOPO

Addas, Ika Pratiwi (2022) ANALISIS DESKRIPTIF STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM MEMOTIVASI SANTRI PADA PROGRAM TAHFIẓ AL-QUR’AN DI PESANTREN MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL (MBS) KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of IKA PRATIWI ADDAS.pdf] Text
IKA PRATIWI ADDAS.pdf

Download (29MB)

Abstract

ABSTRAK
Ika Pratiwi Addas, 2022. “Analisis Deskriptif Strategi Pembelajaran dalam
Memotivasi Santri Pada Program Tahfiẓ Al-Qur’an di Pesantren
Muhammadiyah Boarding School (MBS) Kota Palopo”, Tesis Pascasarjana
Program Studi Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Dr. Mardi Takwim, M.H.I. dan Dr. H. Haris Kulle, Lc., M.Ag.
Tesis ini membahas tentang analisis deskriptif strategi memotivasi santri dalam
program tahfiẓ al-Qur’an pada Pesantren Muhammadiyah Boarding School (MBS)
Kota Palopo. Tujuan penelitian ini adalah: Mendeskripsikan motivasi santri,
menganalisis strategi pembelajaran tahfiẓ al-Quran, mendeskripsikan faktor pendukung
dan penghambat penerapan stategi pembelajaran program tahfiẓ al-Qur’an pada
Pesantren MBS Palopo.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik
pengumpulan data yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Responden dalam
penelitian ini adalah direktur, guru dan santri. Peneliti menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi santri dalam program
kepesantrenan tahfiẓ al-Qur’an dengan melihat jumlah hafalan semua santri kelas IX
setelah melewati banyak tantangan, ternyata tetap meningkat dan hal ini dianggap
berjalan lancar karena ada beberapa yang memotivasi santri dalam belajar yaitu: 1)
Adanya lingkungan belajar yang kondusif; 2) Ulet menghadapi kesulitan; 3) Adanya
cita-cita masa depan seperti ingin menjadi imam salat, memberikan mahkota kemuliaan
kepada orang tuanya, menjadi ustaz dan hafiẓ al-Qur’an serta beasiswa; 4) Adanya
penghargaan dalam belajar; 5) Adanya dorongan dan kebutuhan dalam belajar; 6)
Kegiatan yang menarik. Strategi pembelajaran dalam memotivasi santri pada program
kepesantrenan tahfiẓ al-Qur’an sudah berjalan secara maksimal, sebab ada beberapa
strategi yang diterapkan dan dianggap mampu membuat santri termotivasi yaitu: 1)
Menjelaskan keutamaan menghafal al-Qur’an; 2) Pemberian tugas muroja’ah; 3),
Memberikan target hafalan; 4) Pemberian Nilai; 5) Pemberian Hadiah, 6) Pemberian
Hukuman, 7) Menceritakan pengalaman ustaz; 8) Membuka program khusus tahfiẓ al�Qur’an. Ada beberapa yang mendukung dalam program tahfiẓ } al-Qur’an yaitu
pengajar seorang hafiẓ al-Qur’an, keinginan santri dan dorongan orang tua, kerjasama
yang solid antara mudir dan guru. Sedangkan faktor penghambat guru dalam program
tahfiẓ al-Qur’an yaitu adanya efek pandemi covid 19 dan sebagian santri memiliki
semangat menghafal tidak stabil.
Implikasi penelitian adalah motivasi santri pada program tahfiz} akan meningkat
apabila santri difasilitasi buku target hafalan sebagai pegangan, agar lebih termotivasi
menambah hafalan baru dan lebih berusaha mempertahankan hafalan lama jika
dipersiapkan tidak hanya pada kegiatan lomba tahfiz} al-Qur’an antar pesantren
Muhammadiyah, tetapi juga pada kegiatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ).
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Motivasi Santri, Program Tahfiz} Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi S-2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 16 Dec 2022 08:13
Last Modified: 16 Dec 2022 08:13
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/4996

Actions (login required)

View Item View Item