PENGARUH TEKNIK SELF AFFIRMATION TERHADAP KECEMASAN AKADEMIK SISWA(I) YANG TIDAK INGIN MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE JENJANG PERGURUAN TINGGI DI MAN PALOPO

HAIRUL, HANIFAINY (2022) PENGARUH TEKNIK SELF AFFIRMATION TERHADAP KECEMASAN AKADEMIK SISWA(I) YANG TIDAK INGIN MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE JENJANG PERGURUAN TINGGI DI MAN PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of HANIFAINY HAIRUL.pdf] Text
HANIFAINY HAIRUL.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Hanifainy Hairul, 2022. ”Pengaruh Teknik Self Affirmation terhadap
Kecemasan Akademik Siswa(i) yang Tidak Ingin Melanjutkan
Pendidikan Keperguruan Tinggi di Madrasah Aliyah Negeri Palopo”.
Skripsi Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas
Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing Oleh Bapak Dr. Efendi P., M.Sos.I. dan Amrul Aysar
Ahsan, S.Pd.I., M.Si.
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Teknik Self Affirmation terhadap
Kecemasan Akademik Siswa(i) yang Tidak Ingin Melanjutkan Pendidikan Ke
Jenjang Perguruan Tinggi di Madrasah Aliyah Negeri Palopo. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui apakah teknik self affirmation dapat berpengaruh
terhadap kecemasan akademik siswa(i) sebelum diberikannya suatu perlakuan
dan setelah diberikannya perlakuan. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian yaitu True Experimental Design
dengan bentuk desain pretest-posttest control group design. Populasinya adalah
seluruh siswa(i) kelas XI MIPA di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Palopo
yaitu 100 siswa(i). Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan
menggunakan teknik purposive sampling, sampel yang digunakan sebanyak 22
siswa(i) yang terbagi dalam 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kontrol.
Data diperoleh melalui angket model skala likert dan dianalisis dengan program
SPSS Statistic for windows versi 22 menggunakan uji Independent Samples
Test. Hasil analisis data diperoleh nilai sig. 0.000 < 0,05 artinya Ha diterima dan
maka H0 ditolak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan teknik self
affirmation ini dapat berpengaruh dalam kecemasan akademik siswa(i) kelas XI
MIPA di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Palopo. Dalam penelitian ini
menunjukkan bahwa rasa cemas yang dirasakan oleh siswa(i) akan terus
menerus berdampak yang mengkhawatirkan segala macam masalah yang ada dan
yang mungkin terjadi. Hal tersebut ditunjukkan dengan sulit untuk
berkonsentrasi, sulit untuk mengingat sesuatu, kebingungan juga kecemasan
yang berisikan ketakutan akan bahaya atau ancaman, dan terganggunya pola
pikiran serta respon fisik dan sikap menjadi hasil tekanan pada pelaksanaan
tugas juga kegiatan yang beragam pada situasi akademik dan teknik self
affirmation atau penegasan diri berfokus pada pikiran dan tindakan. Terlepas dari
situasinya, teknik penegasan diri ini dapat mengurangi kecemasan akademik
dengan mengubah cara siswa(i) dalamberpikir, merasa, atau berperilaku.
Kata Kunci: Teknik Self Affirmation, Kecemasan Akademik, Siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi S-1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 19 Dec 2022 08:10
Last Modified: 19 Dec 2022 08:10
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5007

Actions (login required)

View Item View Item