PENGARUH PENERAPAN MANAJEMEN KELAS DARING TERHADAP KUALITAS MENGAJAR GURU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PALOPO

RIKAL, MUHAMMAD (2022) PENGARUH PENERAPAN MANAJEMEN KELAS DARING TERHADAP KUALITAS MENGAJAR GURU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of MUHAMMAD RIKAL.pdf] Text
MUHAMMAD RIKAL.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK
MUHAMMAD RIKAL, 2022. “Pengaruh Penerapan Manajemen Kelas Daring
Terhadap Kualitas Mengajar Guru Di Madrasah Aliyah Negeri
Palopo”. Tesis Pascasarjana Program Studi Manajemen Pendidikan
Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing oleh
Hilal Mahmud dan Muhazzab Said.
Tesis ini membahas tentang pengaruh penerapan manajemen kelas daring
terhadap kualitas mengajar guru di Madrasah Aliyah Negeri Palopo. Adapun
masalah pokok dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kualitas penerapan
manajemen kelas daring oleh guru Madrasah Aliyah Negeri Palopo; (2)
Bagaimana kualitas mengajar guru di Madrasah Aliyah Negeri Palopo; dan (3)
Bagaimana pengaruh penerapan manajemen kelas daring terhadap kualitas
mengajar guru di Madrasah Aliyah Negeri Palopo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan
kuantitatif. Adapun populasinya yaitu seluruh guru Madrasah Aliyah Negeri
Palopo. Pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan
penentuan sampel menggunakan rumus Isaac & Michael. Sampel yang digunakan
sebanyak 49 responden. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan
angket/kuesioner. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis
regresi linier sederhana dengan bantuan program komputer SPSS 26.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan dalam penerapan manajemen kelas
daring indikator desain kelas sebesar 84,0% dikategorikan baik, aturan dan
rutinitas sebesar 85,2% dikategorikan baik, hubungan sebesar 77,2%
dikategorikan cukup baik, penerapan instruksi sebesar 89,9% dikategorikan baik,
dan kedisiplinan sebesar 79,5% dikategorikan cukup baik. Sedangkan untuk
kualitas mengajar guru indikator kecakapan profesional sebesar 73,3%
dikategorikan cukup baik, kecakapan sosial sebesar 82,6% dikategorikan baik,
dan kecakapan pribadi sebesar 84,0% dikategorikan baik. Kemudian ada pengaruh
signifikan antara penerapan manajemen kelas daring dengan kualitas mengajar
guru di Madrasah Aliyah Negeri Palopo. Jika penerapan manajemen kelas daring
baik atau meningkat maka kualitas mengajar guru juga baik atau meningkat.
Kemudian variabel penerapan manajemen kelas daring mempunyai pengaruh
kontribusi sebesar 11,1% terhadap variabel kualitas mengajar guru. Adapun
sebesar 88,9% dipengaruhi oleh faktor lain diluar dari penelitian ini.
Berdasarkan hasil penelitian penerapan manajemen kelas daring
memberikan pengaruh positif terhadap kualitas mengajar guru. Meskipun pada
tingkatan yang rendah tidak ada salahnya guru meningkatkan dan
mengembangkan kemampuan tersebut, mengingat saat ini pandemi Covid-19
yang kelihatannya belum berakhir.
Kata Kunci: Manajemen Kelas, Kualitas Mengajar, Kelas Daring

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi S-2 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 21 Dec 2022 01:06
Last Modified: 21 Dec 2022 01:09
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5011

Actions (login required)

View Item View Item