Asr, Asr (2022) PEMBINAAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 2 MALANGKE BARAT KABUPATEN LUWU UTARA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
ASRA.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
Asra, 2022. “Pembinaan Kedisiplinan Peserta Didik di SMP Negeri 2 Malangke
Barat Kabupaten Luwu Utara. Skripsi Program Studi Manajemen
Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama
Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Hj Nursaeni dan Ali Nahruddin
Tanal.
Skripsi ini membahas tentang pembinaan kedisiplinan peserta didik di
SMP Negeri 2 Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara. Penelitian ini bertujuan:
untuk mengetahui tingkat kedisiplinan peserta didik di SMP Negeri 2 Malangke
Barat, untuk mengetahui upaya yang dilakukan dalam pembinaan kedisiplinan
peserta didik di SMP Negeri 2 Malangke Barat, dan untuk mengetahui hambatan
dan solusi dalam pembinaan kedisiplinan peserta didik di SMP Negeri 2
Malangke Barat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
studi kasus yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Malangke Barat pada bulan Mei
2022. Sumber data diambil dari hasil wawancara dengan kepala sekolah, guru BK,
guru PAI dan wakasek kesiswaan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa
observasi, pedoman wawancara, dan studi dokumen. Teknik pengumpulan data
yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data
meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kedisiplinan peserta didik
di SMP Negeri 2 Malangke Barat berada pada tingkat yang rendah masih. Hal ini
dapat di lihat dari banyaknya peserta didik yang masih sering melakukan
pelanggaran dengan alasan yang beragam. Penyebab utama sering terjadinya
pelanggaran kedisiplinan karena kurangnya pemahaman siswa pentingnya
mematuhi aturan yang berlaku dan tingkat pemahaman agama pada siswa yang
masih rendah. Upaya yang dilakukan dalam pembinaan kedisiplinan peserta didik
adalah pembinaan dengan keteladanan dan pembinaan dengan hukuman. Adapun
yang menjadi penghambat penegakan kedisiplinan peserta didik adalah kurangnya
motivasi dan pengaruh lingkungan keluarga. Solusi untuk meningkatkan
kedisiplinan peserta didik baik itu disiplin waktu, sikap, berpakaian dan disiplin
dalam belajar dapat dilakukan dengan pemberian contoh, peraturan yang tegas dan
konsisten, dan melakukan kerja sama antara pihak sekolah dengan orang tua/wali
siswa.
Kata Kunci: Pembinaan peserta didik, kedisiplinan pesrta didik, pelanggaran
kedisiplinan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 21 Dec 2022 01:19 |
Last Modified: | 21 Dec 2022 01:19 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5012 |
Actions (login required)
View Item |