PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING PADA ANAK KELOMPOK B DI TK AL-IKHWAN SOROWAKO

SAPUTRI, A. ALFIANI (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN FINGER PAINTING PADA ANAK KELOMPOK B DI TK AL-IKHWAN SOROWAKO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of ANDI ALFIANI SAPUTRI.pdf] Text
ANDI ALFIANI SAPUTRI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
A.Alfiani Saputri, 2022. “Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui
Kegiatan Finger Painting Pada Anak Kelompok B Di TK Al-Ikhwan Sorowako”.
Skripsi Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Dr. Munir Yusuf
dan Pertiwi Kamariah Hasis.
Skripsi ini membahas tentang bagaimana Kemampuan Motorik Halus Anak Didik
di TK Al-Ikhwan Sorowako dan sub masalah yaitu bagaimana kemampuan motorik halus
belajar anak di TK Al-Ikhwan Sorowako Kecamatan Magani Kabupaten Luwu Timur.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan motorik
halus belajar anak di TK Al-Ikhwan Sorowako.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan
dua siklus yaitu Siklus I yang terdiri dari 3 kali pertemuan dan Siklus II yang terdiri dari 3
kali Pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Al-Ikhwan Sorowako
Tahun ajaran 2021/2022, yang berjumlah 20 orang anak, yang terdiri dari 10 anak laki-laki
dan 10 anak perempuan. Metode pemecahan masalah yang digunakan yaitu dengan
menerapkan proses belajar mengajar dengan menggunakan media Finger Painting untuk
meningkatkan motorik halus belajar anak yang diperoleh dari hasil wawancara,observasi,
dan dokumentasi. Keberhasilan penelitian ini ditentukan dengan skor hasil penelitian yang
menunjukkan peningkatan hasil belajar anak.
Skor pada kondisi awal atau pra tindakan sebesar 32% dari semua indikator dan
belum memenuhi kategori baik. Siklus I dengan rata-rata skor observasi sebesar 45% dari
semua jumlah indikator dan belum memenuhi kategori baik. Siklus II dengan rata-rata skor
76% secara keseluruhan dari semua jumlah indikator dan mencapai kategori baik. Dengan
demikian, penelitian tindakan kelas (PTK) ini dikatakatn berhasil sehingga peneliti
merekomendasikan pembelajaran menggunakan media Finger Painting dapat
meningkatkan kemampuan motorik halus belajar anak di TK Al-Ikhwan Sorowako.
Kata Kunci : Perkembangan Motorik Halus dan Finger Painting

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 21 Dec 2022 01:33
Last Modified: 21 Dec 2022 01:33
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5013

Actions (login required)

View Item View Item