FATHANAH, IRMA (2022) IMPLEMENTASI MANAJEMEN STRATEGIK DALAM PENGEMBANGAN KINERJA GURU DI SMA NEGERI 2 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
IRMA FATHANAH.pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK
Irma Fathanah,2022.“Implementasi Manajemen Strategik dalam Pengembangan
Kinerja Guru di SMA Negeri 2 Palopo ”. Skripsi
Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Palopo. Dibimbing oleh Hilal Mahmud dan Ali
Nahruddin Tanal.
Skripsi ini membahas tentang Implementasi Manajemen Strategi dalam
Pengembangan Kinerja Guru di SMA Negeri 2 Palopo. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui bagaimana implementasi manajemen strategik dalam
pengembangan kinerja guru di SMA Negeri 2 Palopo, dan mengetahui gambaran
kinerja guru di SMA Negeri 2 Palopo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi
kasus yang bertujuan untuk menghimpun data, mengambil makna, memperoleh
pemahaman dari kasus. Sumber data merupakan hasil wawancara dengan kepala
sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulu, dan guru. Teknik pengumpulan
data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data
yang digunakan kredibilitas, kebergantungan dan triangulasi. Teknik analisis data
yang digunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Implementasi manajemen strategik
dilakukan melalui 3 tahap yaitu: 1) Perumusan strategi dengan menyusun rencana
strategi; 2) Implementasi strategi dilakukan melalui memotivasi guru,
mengalokasikan sumber daya, mengembangkan struktur organisasi; 3) Evaluasi
strategi dilakukan dengan menggunakan aplikasi e-kinerja (elektronik kinerja)
untuk melaksanakan monitoring dan penilaian kinerja guru. Berdasarkan hasil
penilaian kinerja guru melalui e-kinerja (elektronik kinerja) dinyatakan dalam
kategori baik. Gambaran kinerja guru ditunjukkan melalui kinerja dalam
merencanakan pembelajaran,dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran
(RPP) pada forum musyawarah guru mata pelajaran (MGMP), melaksanakan
pembelajaran dengan melaksananakan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)
dan memanfaatkan media berupa LCD (Liquid Crystal Display) atau smart TV
(TV, Internet, dan Aplikasi) dan melaksanakan penilaian pembelajaran dengan
membuat kisi-kisi soal untuk ulangan harian, ujian tengah semester (UTS) dan
ujian akhir semester (UAS) yang hasilnya dapat diakses oleh peserta didik.
Kata Kunci: Implementasi Manajemen Strategik, Kinerja Guru
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 21 Dec 2022 01:45 |
Last Modified: | 21 Dec 2022 01:45 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5014 |
Actions (login required)
View Item |