IMPLEMENTASI BIMBINGAN KONSELING ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) PALOPO

ANDRIANI, ANDRIANI (2022) IMPLEMENTASI BIMBINGAN KONSELING ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of ANDRIANI.pdf] Text
ANDRIANI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Andriani, 2022 “Implementasi Bimbingan Konseling Islam Dalam
Mengembangkan Kepribadian Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri
(MAN) Palopo” Skripsi Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam
Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh Dr. H. M. Zuhri Abu Nawas, Lc., M.A. dan
Hamdani Thaha, S. Ag., M.Pd. I
Skripsi ini membahas tentang Implementasi Bimbingan Konseling Islam Dalam
Mengembangkan Kepribadian Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri (MAN)
Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui bentuk implementasi bimbingan
konseling dalam mengembangkan kepribadian peserta didik di MAN palopo,
mengetahui faktor penghambat guru bimbingan konseling dalam mengembangkan
kepribadian peserta didik di MAN Palopo. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian kualitatif bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan
bimbingan. Adapun sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu data primer dan
data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subjeknya adalah guru bimbingan
konseling dan peserta didik MAN Palopo. Hasil dari penelitian ini menunjukkan
bahwa bentuk implementasi bimbingan konseling dalam mengembangkan
kepribadian peserta didik di MAN Palopo yaitu: 1. Mengembangkan disiplin
peserta didik. 2. Pemberian motivasi dan nasihat kepada peserta didik. 3.
pembiasaan shalat berjamaah. 4. Memberi contoh teladan yang baik. 5. Layanan
konseling individu. 6. Kegiatan ekstrakurikuler. Adapun faktor penghambat guru
bimbingan konseling dalam mengembangkan kepribadian peserta didik yaitu
kurangnya ruang bimbingan dan konseling, lokasi ruang bimbingan dan konseling,
dan tidak adanya jam khusus yang disediakan untuk guru bimbingan konseling
masuk ke dalam kelas.
Kata Kunci: Bimbingan Konseling Islam, Kepribadian, Peserta Didik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 100 Filsafat dan psikologi > 155.25 Perkembangan Kepribadian, Perkembangan Karakter
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi S-1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 21 Dec 2022 06:34
Last Modified: 21 Dec 2022 06:34
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5021

Actions (login required)

View Item View Item