WAHYUNI, SRI (2022) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 4 PONRANG KECAMATAN PONRANG KABUPATEN LUWU (Analisis Terhadap Pembelajaran Pada Kelas VIII Semester Genap). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
SRI WAHYUNI 1.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
Sri Wahyuni, 2022. “Implementasi Kurikulum 2013 Pedidikan Agama Islam Di
Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Ponrang Kecamatan
Ponrang Kabupaten Luwu (Analisis Terhadap
Pembelajaran Pada Kelas VIII Semester Genap)” Skripsi
Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan. Dibimbing oleh Dr. H. Muhazzab Said,
M.Si. dan Asgar Marzuki, M.Pd.I.
Skripsi ini membahas tentang Implementasi Kurikulum 2013 Pendidikan
Agama Islam di SMP Negeri 4 Ponrang Kecamatan Ponrang Kabupaten Luwu.
Latar belakang penelitian ini dilakukan yakni adanya peraturan implementasi atau
penerapan kurikulum 2013 pada sejumlah lembaga pendidikan. Penerapan
kurikulum 2013 dianggap sulit untuk diterapkan khususnya dikalangan
guru/pendidik karena adanya perbedaan yang cukup besar dari kurikulum
sebelumnya. Adapun penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui bagaimana
implementasi kurikulum 2013 PAI di kelas VIII semester genap SMP Negeri 4
Ponrang; Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi
kurikulum 2013 PAI pada di kelas VIII semester genap SMP Negeri 4 Ponrang.
Jenis penelian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif
yang terfokus pada Implementasi Kurikulum 2013 PAI di Kelas VIII semester
genap dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Sumber informasi yaitu kepala sekolah dan guru Pendidikan Agama Islam serta
data-data pendukung lainnya di SMP Negeri 4 Ponrang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kepala sekolah dan guru PAI
telah paham mengenai kurikulum 2013 dan cara menerapkannya. Adapun
penerapannya cukup bagus hingga saat ini tetapi masih belum maksimal. (2)
Faktor pendukung dan penghambat Implementasi kurikulum 2013 PAI yaitu: (a)
Faktor pendukung yakni Guru/pendidik berupa kesiapan guru dalam menerapkan
kurikulum 2013 dalam pembelajaran dan penggunaan media pembelajaran dengan
baik dan sesuai serta kesiapan siswa dalam dalam menyesuaikan diri dengan
Kurikulum 2013 yang mulai meningkat, (b) Faktor penghambat yaitu lingkungan
serta sarana dan prasarana yang masih harus disediakan berupa Musholla serta
jaringan Internet yang sangat dibutuhkan untuk membantu menunjang penerapan
Kurikulum 2013 terutama dalam pembelajaran PAI.
Kata Kunci : Implementasi kurikulum, Kurikulum 2013, PAI
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 375 Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 21 Dec 2022 07:15 |
Last Modified: | 21 Dec 2022 07:15 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5027 |
Actions (login required)
View Item |