Nuriana, Nuriana (2022) PENGARUH SOSIALISASI DAN PENGETAHUAN TERHADAP MINAT MASYARAKAT MENGGUNAKAN PRODUK KOPERASI BAKHTI HURIA SYARIAH KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Nuriana (17 04020 0131).pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Nuriana, 2020. “Pengaruh Sosialisasi dan Pengetahuan Terhadap Minat
Masyarakat Menggunakan Produk Koperasi Simpan Pinjam dan
Pembiayaan Syariah Cabang Palopo (Study Kasus Pedagang
Sentral Kota Palopo). Skripsi Program Study Perbankan Syariah,
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri
Palopo . Dibimbing oleh Burhan Rifuddin, SE., M.M
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh
Sosialisasi dan Pengetahuan terhadap Minat Masyarakat menggunakan Produk
KSPPS Bakhti Huria Cabang Palopo. Jenis penelitian yang gunakan adalah
penelitian kuantitatif. Adapun teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini
yaitu observasi dan kuesioner dengan sampel sebanyak 93 orang. sedangkan untuk
analisis data peneliti menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji hipotesis (uji t
dan uji F), analisis regresi linear berganda dan koefisien determinasi yang
bertujuan untuk melihat keabsahan suatu data.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh parsial yang
diberikan pada variabel Sosialisasi terhadap minat masyarakat, dilihat pada nilai
Thitung 2,323 > Ttabel 1,986 dan sig 0,022 < 0,05 yang dimana membuktikan bahwa
H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga dari hasil tersebut menunjukkan bahwa ada
pengaruh secara signifikan antara sosialisasi terhadap minat masyarakat.
Sedangkan pengaruh yang diberikan pada variabel Pengetahuan terhadap minat
masyarakat, dilihat pada Thitung 3,612 > Ttabel 1,986 dan sig 0,000 < 0,05 yang
membuktikan H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga hasilnya menunjukkan
variabel Pengetahuan berpengaruh signifikan terhadap minat masyarakat. Hasil uji
secara simultan menunjukkan bahwa sosialisasi dan pengetahuan secara bersama
berpengaruh terhadap minat masyarakat menggunakan produk KSPPS Bakhti
Huria cabang Palopo yang dimana hal tersebut dibuktikan dengan hasil nilai Fhitung
14,320 > Ftabel 3,10 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 . Untuk uji koefisien
determinasi dilihat seberapa besar presentase (%) seluruh variabel independen
secara bersama-sama mempengaruhi variabel independen. Maka dari itu hasil uji
koefisien dilihat pada nilai R= 0,241 dengan besaran koefisien determinasi 0,241
X 100% = 24,1%. Hal ini membuktikan bahwa yang mendominasi minat
masyarakat menggunakan produk tersebut dipengaruhi oleh sosialisasi dan
pengetahuan yang mengahasilkan 24,1%. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh
variabel lain diluar penelitian ini.
Kata Kunci : Sosialisasi, Pengetahuan, Minat Masyarakat
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 338.93-338. Perkembangan Ekonomi di Lokasi Tertentu |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Muh. Afandhy Amir |
Date Deposited: | 22 Dec 2022 01:34 |
Last Modified: | 22 Dec 2022 01:34 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5028 |
Actions (login required)
View Item |