ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DI MASA PANDEMI COVID-19 PESERTA DIDIK KELAS VIII UPT SMP NEGERI 6 SATAP SABBANG SELATAN

FEBRIANA, RISKA AMALIAH (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DI MASA PANDEMI COVID-19 PESERTA DIDIK KELAS VIII UPT SMP NEGERI 6 SATAP SABBANG SELATAN. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of RISKA AMALIAH FEBRIANA.pdf] Text
RISKA AMALIAH FEBRIANA.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Riska Amaliah Febriana, 2022. Analisis Kesulitan Belajar Matematika di Masa
Pandemi Covid-19 Peserta Didik Kelas VIII UPT SMP Negeri 6 Satap Sabbang
Selatan, Fakultas Tarbiah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh H. Muhazzab Said dan Muh Hajarul Aswad
Skripsi ini membahas tentang Analisis kesulitan belajar matematika pada masa
pandemi covid-19 peserta didik kelas VIII UPT SMP Negeri 6 Satap Sabbang Selatan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar matematika peserta didik dan
faktor – faktor apa yang memengaruhi kesulitan belajar matematika peserta didik selama
pembelajaran daring di masa pandemi covid-19.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Adapun subjek penelitian ini sebanyak 5 orang peserta didik kelas VIII
yang terdiri dari 2 orang peserta didik laki-laki dan 3 orang peserta didik perempuan.
Subjek penelitian diambil menggunakan metode purposive sampling dengan fokus
peserta didik yang mengalami kesulitan belajar di masa pandemi covid -19.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kurang aktif dalam
pembelajaran matematika secara daring di masa pandemi covid-19. Kesulitan yang
dialami peserta didik yaitu attention, memory, processing speed, metacognition, academic
dan social. Hasil observasi menunjukkan ada beberapa faktor yang menyebabkan peserta
didik mengalami kesulitan belajar, yaitu faktor eksternal dan internal diantaranya dari
faktor motivasi, faktor intelegensi, faktor pemahaman, jaringan internet terbatas, kuota
terbatas, faktor lingkungan keluarga dan faktor lingkungan masyarakat. Disarankan
penelitian lebih lanjut yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar
matematika secara daring atau online.
Kata Kunci: Kesulitan Belajar Matematika, Pandemi, Covid – 19.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 22 Dec 2022 03:32
Last Modified: 22 Dec 2022 03:32
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5032

Actions (login required)

View Item View Item