PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL WHATSAPP TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 5 PALOPO

PURNAMASARI A, WULAN (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL WHATSAPP TERHADAP DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 5 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of WULAN PURNAMASARI A.pdf] Text
WULAN PURNAMASARI A.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Wulan Purnamasari, 2022 “Pengaruh Penggunaan Media Sosial WhatsApp
Terhadap Disiplin Belajar Siswa Kelas IX di SMP Negeri 5
Palopo”. Skripsi Program Studi Manajemen Pendidikan
Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut
Agama Islam Negeri Palopo, dibimbing oleh Nurdin Kaso
dan Firman Patawari.
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Penggunaan Media Sosial WhatsApp
Terhadap Disiplin Belajar Siswa kelas IX di SMP Negeri 5 Palopo. Penelitian ini
bertujuan: untuk mengetahui penggunaan media sosial WhatsApp kelas IX di
SMP Negeri 5 Palopo; untuk mengetahui disiplin belajar siswa kelas IX di SMP
Negeri 5 Palopo; untuk mengertahui pengaruh penggunaan media sosial
WhatsApp terhadap disiplin belajar siswa kelas IX di SMP Negeri 5 Palopo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian
ex-post facto. Adapun jumlah populasi adalah seluruh siswa kelas IX yang
berjumlah 114 orang dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simple
random sampling dengan sampel yaitu teknik pengambilan anggota sampel dari
populasi dilakukan secara acak. Jadi sampel yang digunakan sebanyak 53 siswa.
Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi sedangkan
teknik analisis statistik yang digunakan untuk mengolah data hasil penelitian,
yaitu analisis statistik deskriptif, analisis statistik inferensial, analisis regresi linear
sederhana, uji hipotesis dan koefisien determinasi dengan menggunakan bantuan
Microsoft Office Excel dan software SPSS vers 26.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: penggunaan media sosial WhatsApp di
SMP Negeri 5 Palopo termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase
sebesar 68%. Sedangkan disiplin belajar Siswa di SMP Negeri 5 Palopo termasuk
dalam kategori sangat baik dengan persentase sebesar 72%. Selain itu, diperoleh
Thitung 10.503 > Ttabel 0,267 sehingga dapat disimpulkan X berpengaruh terhadap
Y R
2
(R Square) sebesar 0,684 atau 68,4% menunjukkan bahwa penggunaan
media sosial WhatsApp berpengaruh positif terhadap disiplin belajar siswa kelas
IX di SMP Negeri 5 Palopo sedangkan sisanya 31,6% dipengaruhi oleh variabel
lain yang tidak dapat dijelaskan dalam penelitian ini.
Kata kunci: Media Sosial, WhatsApp, Disiplin Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 23 Dec 2022 07:12
Last Modified: 23 Dec 2022 07:12
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5036

Actions (login required)

View Item View Item