Lamin, Hayana (2011) PENGARUH KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 WALENRANG. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
Text
Hayana Lamin.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Hayana Lamin, 2011,“Pengaruh Kreativitas Belajar Terhadap Prestasi
Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Walenrang”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Tarbiyah.
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palopo. Pembimbing (I)
Drs. H. Bulu, M. Ag., Pembimbing (II) Drs. Nasaruddin, M.Si.
Kata Kunci : Pengaruh Kreativitas Belajar, Prestasi Belajar Matematika
Skripsi ini membahas tentang adanya pengaruh antara kreativitas siswa
dalam belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5
Walenrang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dimana populasi
penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Walenrang yang berjumlah 60
siswa, terdiri dari 2 kelas. Adapun jumlah sampelnya berjumlah 30 orang siswa
masing-masing 15 orang kelas VIII A dan 15 orang kelas VIII B. Bentuk instrument
yang digunakan berupa angket dengan skala Likert serta dokumentasi yang berupa
nilai rata-rata rapor siswa. Untuk analisis kuantitatif digunakan statistik deskriptif,
diolah secara manual dan menggunakan program SPSS 11.5.
Hasil penelitian dekriptif menunjukkan bahwa kreativitas belajar siswa kelas
VIII SMP Negeri 5 Walenrang memperoleh nilai rata-rata (mean) 54,60. Standar
deviasi 9,343. Sedangkan skor ideal 100, skor maksimum 70 dan skor minimum 31.
Dengan distribusi persentase kreatifitas belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 5
Walenrang adalah 3,3% termasuk kategori sangat rendah, 36,7% termasuk kategori
rendah, 43,3% termasuk kategori sedang, 16,7% termasuk kategori tinggi. Sedangkan
untuk Prestasi Belajar Matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Walenrang
memperoleh nilai rata-rata (mean) 73,13, standar deviasi 9,594, skor maksimum 93,
skor minimum 57. Distribusi persentase Prestasi Belajar Matematika siswa kelas
VIII SMP Negeri 5 Walenrang adalah 13,3% termasuk kategori sedang, 73,4%
termasuk kategori tinggi, 13,3% termasuk kategori sangat tinggi. Hasil analisis
Inferensial menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat rendah antara variabel
X danVariabel Y. Sumbangan yang diberikan oleh variabel X terhadap variabel Y
hanya 20,2%, terlihat dari nilai Rsquarenya 0,202.
Jadi kesimpulannya adalah terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel
X yaitu kreativitas siswa dalam belajar matematika terhadap variabel Y yaitu Prestasi
Belajar Matematika.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 05 Jan 2023 01:35 |
Last Modified: | 05 Jan 2023 01:35 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5039 |
Actions (login required)
View Item |