EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) PALOPO

Rosyaria S, Ika (2011) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) PALOPO. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[thumbnail of Ika Rosyaria S.pdf] Text
Ika Rosyaria S.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Ika Rosyaria S, 2011. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw
Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah
Negeri (MAN) Palopo. Skripsi. Program Studi Matematika Jurusan Tarbiyah.
(Pembimbing I Drs. Nasaruddin.,M.Si dan Pembimbing II Andi Ika Prasasti
Abrar,S.Si.,M.Pd).
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Motivasi Belajar
Skripsi ini membahas tentang efektif tidaknya model pembelajaran kooperatif
tipe Jigsaw terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas XI Madrasah Aliyah
Negeri (MAN) Palopo.
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam peelitian ini adalah apakah
motivasi belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif
tipe Jigsaw lebih baik daripada motivasi belajar metematika siswa yang diajar dengan
metode konvensional?
Untuk mendapatkan jawaban dari permasalahan tersebut, maka penulis
melakukan penelitian terhadap siswa kelas XI MAN Palopo. Penulis mengambil kelas
XI IPS 1 dan XI IPS 2 sebagai sampel yang masing-masing berjumlah 19 siswa.
Untuk memperoleh data peneitian maka instrumen yang digunakan adalah angket
motivasi belajar.
Data yang berhasil dikumpulkan dianalisis dengan analisis deskriptif dan
analisis statistik. Sehingga dari hasil analisis tersebut dapat diketahui efektif tidaknya
pembelajaran koperatif tipe Jigsaw.
Berdasarkan hasil angket, skor rata-rata motivasi siswa yang diajar dengan
model kooperatif tipe Jigsaw sebesar 3,89 sedangkan skor rata-rata siswa yang diajar
dengan metode konvensioanl sebesar 3,28. Dari hasil analisis tersebut maka penulis
menyimpulkan bahwa motivasi belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran
kooperatif tipe Jigsaw lebih baik daripada motivasi belajar matematika siswa yang
diajar dengan metode konvensional, artinya model pembelajaran kooperatif tipe
Jigsaw efektif diterapkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 05 Jan 2023 02:42
Last Modified: 05 Jan 2023 02:42
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5040

Actions (login required)

View Item View Item