EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA PAPAN SELISIH UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP OPERASI ENJUMLAHAN BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 32 LAGALIGO

Mayasari, Mayasari (2011) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN ALAT PERAGA PAPAN SELISIH UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP OPERASI ENJUMLAHAN BILANGAN BULAT PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 32 LAGALIGO. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[thumbnail of Mayasari.pdf] Text
Mayasari.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
ALFIA HASYIM, 2011. “Pengaruh Pemanfaatan Waktu Belajar Matematika
Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Belopa”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Tarbiyah. Pembimbing.
(dibimbing oleh Drs. H a s r i, M. A dan Drs. Andi Ika Prasasti A., M.Pd)
Skripsi ini membahas tentang adanya pengaruh antara pemanfaatan waktu
belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Belopa.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dimana populasi penelitian ini adalah
siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Belopa yang berjumlah 300 siswa, terdiri dari 8 kelas.
Adapun jumlah sampelnya diambil 20% dari jumlah populasi yaitu 60 orang siswa.
Teknik yang digunakan dalam mengambil jumlah sampel adalah dengan
menggunakan proportional random sampling. Bentuk instrument yang digunakan
berupa angket dengan skala Likert dan dokumentasi yang berupa nilai ulangan harian
siswa. Teknik analisis yang digunakan ada dua macam yaitu teknik statistik deskriptif
dan statistik Inferensial. Untuk analisis kuantitatif digunakan statistik deskriptif yaitu
nilai rata-rata, frekuensi, nilai rendah dan nilai tinggi yang di peroleh siswa, diolah
secara manual dan menggunakan SPSS 11.5.
Hasil penelitian dekriptif menunjukkan bahwa pemanfaatan waktu belajar
siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Belopa memperoleh nilai rata-rata (mean) 72,60.
Standar deviasi 12,081. Sedangkan skor maksimum 94 dan skor minimum 38.
Dengan distribusi persentase pemanfaatan waktu belajar siswa kelas VIII SMP
Negeri 1 Belopa adalah 5% memperoleh nilai rendah, 21,7% memperoleh sedang,
53,3% memperoleh nilai tinggi dan 20% memperoleh nilai sangat tinggi. Sedangkan
untuk Prestasi Belajar Matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Belopa
memperoleh nilai rata-rata (mean) 81,80, standar deviasi 12,035, skor maksimum
100,skor minimum 46. Distribusi persentase Prestasi Belajar Matematika siswa
kelas VIII SMP Negeri 1 Belopa adalah 3,3% memperoleh nilai rendah, 8,4%
memperoleh nilai sedang, 36,6% memperoleh nilai tinggi dan 51,7% memperoleh
nilai sangat tinggi.
Hasil analisis Inferensial menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat
rendah antara variabel X dan Variabel Y. Sumbangan yang diberikan oleh variabel X
terhadap variabel Y hanya r square = 0,03 atau hanya 0,3%. Oleh karena nilai
sumbangan sangat kecil maka nilai tersebut diabaikan. Jadi kesimpulannya adalah
tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X yaitu pemanfaatan waktu
belajar matematika terhadap variabel Y yaitu Prestasi Belajar Matematika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 05 Jan 2023 06:38
Last Modified: 05 Jan 2023 06:38
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5042

Actions (login required)

View Item View Item