PENGARUH PENERAPAN TUTOR SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINIER PADA SISWA KELAS VIII MTs BONELEMO KAB. LUWU

Khaldun, Muh. (2011) PENGARUH PENERAPAN TUTOR SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINIER PADA SISWA KELAS VIII MTs BONELEMO KAB. LUWU. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[thumbnail of Muh. Khaldun.pdf] Text
Muh. Khaldun.pdf

Download (945kB)

Abstract

ABSTRAK
KHLADUN, MUHAMMAD. 2011. “Pengaruh Penerapan Tutor Sebaya Terhadap
Prestasi Belajar Matematika Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Pada
Siswa Kelas VIII MTs Bonelemo Kab. Luwu”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Matematika Jurusan Tarbiyah. (dibimbing oleh Muh. Irfan
Hasanuddin, M.A dan Drs. Nasaruddin, M.Si)
Kata Kunci: Tutor Sebaya, Prestasi Belajar Matematika, Sistem Persamaan
Liner.
Skripsi ini membahas tentang adanya pengaruh antara Penerapan Tutor
Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pokok Bahasan Sistem Persamaan
Linear Pada Siswa Kelas VIII MTs Bonelemo Kab. Luwu. Penelitian ini merupakan
penelitian eksperimen.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTS Bonelemo Kec.
Bajo Barat Kab. Luwu yang berjumlah 54 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian
ini berjumlah 27 orang responden.
Hasil penelitian dekriptif menunjukkan bahwa Rata-rata kemampuan siswa
sebelum mendapatkan perlakuan berupa penerapan tutor sebaya adalah 65,74Ratarata kemampuan siswa sebelum mendapatkan perlakuan berupa penerapan tutor
sebaya adalah 82,59.Berdasarkan perhitungan analisis inferensial diperoleh Sig. (2
tailed) diperoleh nilai probabilitas 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa nilai
probabilitas < 0,05 sehingga H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
ada pengaruh prestasi belajar siswa yang diajar dengan melibatkan tutor sebaya.
Dengan kata lain, pembelajaran yang melibatkan tutor sebaya dapat meningkatkan
prestasi belajar matematika siswa di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Bonelemo

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Atik Rahman Atif, S.Sos
Date Deposited: 05 Jan 2023 06:45
Last Modified: 05 Jan 2023 06:45
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5043

Actions (login required)

View Item View Item