Rismala, Rismala (2011) PENGARUH PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DAN BAHASA INGGRIS TERHADAP KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL TRIGONOMETRI BERBAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 PALOPO. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
Text
Rismala.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Rismala, 2011. Pengaruh Prestasi Belajar Matematika dan Bahasa Inggris
Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Trigonometri Berbahasa
Inggris pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Palopo. Skripsi
Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan tarbiyah, STAIN
Palopo. Pembimbing (I) Dra. Nursyamsi, M.Pd.I., Pembimbing (II)
Nursupiamin, S.Pd., M.Si.
Kata kunci : Prestasi Belajar, Matematika dan Bahasa Inggris, Kemampuan
Menyelesaikan Soal, Trigonometri Berbahasa Inggris.
Penelitian ini adalah penelitian Expost Facto. Masalah yang diselidiki
dalam penelitian ini adalah pengaruh antara prestasi belajar matematika dan prestasi
belajar bahasa Inggris sebagai variabel bebas, terhadap kemampuan siswa
menyelesaikan soal trigonometri berbahasa Inggris sebagai variabel terikat.
Hipotesis penelitian ini ada tiga yaitu : (1) Prestasi belajar matematika
mempunyai pengaruh yang positif terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan
soal-soal trigonometri berbahasa Inggris, (2) Prestasi belajar bahasa Inggris
mempunyai pengaruh yang positif terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan
soal-soal trigonometri berbahasa Inggris, (3) Prestasi belajar matematika dan bahasa
Inggris secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang positif terhadap
kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal trigonometri berbahasa Inggris.
Populasi penelitian ini adalah semua siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2
Palopo tahun ajaran 2010/2011. Metode pengambilan sampel yang digunakan
adalah systematic random sampling.Untuk mengolah data hasil penelitian digunakan
dua macam teknik statistik yang diolah melalui komputerisasi dengan memanfaatkan
program Statistical Product and Service Solutions Versi 11.5.
Dari pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan sebagai berikut (1) Prestasi
belajar matematika berpengaruh positif terhadap tingkat kemampuan menyelesaikan
soal-soal trigonometri berbahasa Inggris pada siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2
Palopo, (2) Prestasi belajar bahasa Inggris berpengaruh positif terhadap tingkat
kemampuan menyelesaikan soal-soal trigonometri berbahasa Inggris pada siswa
Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Palopo, dan (3) Prestasi belajar matematika dan bahasa
Inggris secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap tingkat kemampuan
menyelesaikan soal-soal trigonometri berbahasa Inggris pada siswa Kelas XI IPA
SMA Negeri 2 Palopo. Berdasarkan nilai R square = 0,775, ternyata 77,5 % variansi
tingkat kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal trigonometri berbahasa
Inggris ditentukan oleh prestasi belajar matematika dan bahasa Inggris siswa dengan
catatan bahwa pengaruh variabel lain diabaikan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Atik Rahman Atif, S.Sos |
Date Deposited: | 05 Jan 2023 07:27 |
Last Modified: | 05 Jan 2023 07:27 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5046 |
Actions (login required)
View Item |