PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI PADA MATERI DAUR HIDUP HEWAN TERINTEGRASI AYAT AL-QUR’AN PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 09 MATEKKO

AMALIAH, AISYAH (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI PADA MATERI DAUR HIDUP HEWAN TERINTEGRASI AYAT AL-QUR’AN PADA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 09 MATEKKO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of AISYAH AMALIAH.pdf] Text
AISYAH AMALIAH.pdf

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK
Aisyah Amaliah, 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Vidio Animasi
pada Materi Daur Hidup Hewan Terintegrasi Ayat Al-qur’an pada
Peserta Didik Kelas IV di SDN 09 Matekko”.Skripsi Program Studi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Pembimbing (1)
Nasaruddin pembimbing (II) Taqwa.
Skripsi ini membahas sebuah penelitian Pengembangan Media
Pembelajaran Berbasis Vidio Animasi pada Materi Daur Hidup Hewan
Terintegrasi Ayat Al-qur‟an pada Peserta Didik Kelas IV di SDN 09 Matekko.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan Media Video Animasi
Pembelajaran dengan pokok bahasan materi daur hidup hewan. Jenis penelitian
ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research & Development (R&D).
Dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis animasi peneliti
menggunakan model ADDIE.
Media video animasi pembelajaran yang telah dibuat divalidasi oleh 3 ahli
validator di antaranya: validator bahasa, validator materi dan validator desain.
Penelitian dan pengembangan yang dilakukan bertujuan untuk menghasilkan
produk untuk membantu peserta didik dan guru dalam proses pembelajaran dalam
memahami materi daur hidup hewan dalam pembelajaran IPA. Dalam pembuatan
media video animasi pembelajaran peneliti menggunakan aplikasi Alight Montion
dan kinemaster.
Penelitiam dilakukan di SDN 09 Matekko dengan subjek penelitian yaitu
peserta didik kelas IV. Untuk tingkat kevalidan produk dikembangkan dilakukan
uji validitas oleh validator ahli materi, ahli bahasa dan ahli desain. Sedangkan
untuk mengetahui praktikalitas produk, peneliti menyebarkan angket praktikalitas
kepada peserta didik. Hasil validasi media video animasi pembelajaran
mendapatkan penilaian dari ahli materi dengan nilai 95% masuk dalam kategori
sangatvalid, ahli bahasa dengan nilai 84% dengan kategori sangat valid dan nilai
dari ahli desain dengan nilai 82%. Hasil angket respon peserta didik terhadap
praktikalitas media video animasi pembelajaran kategori sangat praktis dengan
persentase 83,8% termasuk dalam kategori sangat praktis sehingga layak untuk
digunakan.
Kata kunci: Media video animasi pembelajaran, materi daur hidup hewan.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 09 Jan 2023 01:43
Last Modified: 09 Jan 2023 01:43
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5050

Actions (login required)

View Item View Item