BATARI, A. ANUGERAH (2022) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA MINAT MASYARAKAT WALENRANG UTARA MENABUNG DI BANK SYARIAH (STUDI KASUS DESA LIMBONG). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Text
Skripsi Andi Anugera batari (1).pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK
A.A Anugera Batari. 2022 “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi
Kurangnya Minat Masyarakat Walenrang Utara Menabung di
Bank Syariah (Studi Kasus Desa Limbong)”. Skripsi Program
Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Institut Agama Islam Negeri Palopo. pembimbing Takdir
Skripsi ini membahas tentang Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi
Rendahnya Minat Masyarakat Walenrang Utara Menabung di Bank Syariah
(Studi Kasus Desa Limbong). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah
variabel persepsi, lokasi, produk, dan promosi berpengaruh terhadap rendahnya
minat masyarakat desa Limbong kecamatan Walenrang Utara menabung di Bank
Syariah, serta ingin menganalisis apakah variabel bebas berpengaruh secara tidak
langsung terhadap variabel terikat melalui variabel intervening, dan untuk
Menganalisisi upaya yang dilakukan dalam meningkatkan minat masyarakat desa
Limbong kecamatan Walenrang Utara menabung di Bank Syariah. Jenis
penelitian ini adalah kuantitatif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan angket/kuesioner, wawancara tidak terstruktur dan studi literatur,
yang disebarkan secara langsung kepada masyarakat, dengan jumlah populasi
seluruh masyarakat Desa Limbong sebanyak 1042 jiwa. Sampel yang digunakan
dengan rumus teknik slovin sebanyak 100 masyarakat. Teknik analisis data yang
digunakan adalah uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan analisis regresi linear
berganda. Alat analisis penelitian ini menggunakan SPSS versi 20. Hasil
pengolahan data menunjukkan bahwa variabel persepsi, lokasi, produk, dan
promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kurangnya minat masyarakat
menabung di Bank Syariah. Adapun pengaruh yang diberikan variabel bebas yaitu
sebesar 95,1% sedangkan 4,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Kemudian hasil pengolahan data pada Path Analysis menunjukkan bahwa variabel
lokasi dan produk berpengaruh secara tidak langsung terhadap kurangnya minat
menabung, sedangkan variabel persepsi dan promosi tidak berpengaruh secara
tidak langsung terhadap kurangnya minat menabung. adapun kontribusi yang
diberikan variabel bebas yaitu 89,8% sedangkan sisanya 10,2% dipengaruhi oleh
faktor lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci: Pengetahuan, Lokasi, Produk, Promosi, Minat Menabung
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah |
Depositing User: | Muh. Afandhy Amir |
Date Deposited: | 10 Jan 2023 06:46 |
Last Modified: | 10 Jan 2023 06:46 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5058 |
Actions (login required)
View Item |