PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOMBINASI (DARING DAN LURING) TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PALOPO

SAFRI, SULPIAH (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOMBINASI (DARING DAN LURING) TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of SULPIAH SAFRI.pdf] Text
SULPIAH SAFRI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Sulpiah Safri, 2022 “ Pengaruh Model Pembelajaran Kombinasi (Daring dan
Luring) Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri
Palopo”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, instutut Agama Islam
Negeri Palopo. Dibimbing Oleh Dr. Mardi Takwim, M.HI. dan
Makmur, S.Pd.I., M.Pd.I.
Skripsi ini membahas tentang Pengaruh Model Pembelajaran Kombinasi
(Daring dan Luring) Terhadap Hasil Belajar Siswa Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri Palopo. Penelitian ini bertujuan: untuk
mengetahui proses pembelajaran daring dan luring terhadap hasil belajar siswa di
Madrasah Tsanawiyah Negeri Palopo dan Untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran kombinasi daring dan luring terhadap hasil belajar siswa sejarah
kebudayaan Islam kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri Palopo.
Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan
jenis penelitian adalah ex post facto. Populaisnya adalah semua siswa kelas VII di
Madrasah Tsanawiyah Negeri Palopo. Pengambilan sampel digunakan dengan
teknik Proportionate Stratifed Random Sampling. Sampel yang digunakan
sebanyak 81 orang siswa. Data yang diperoleh melalui observasi, angket dan
dokumentasi. Selanjutnya data penelitian dianalisis dengan statistik menggunakan
pengolahan data yaitu: statistik deskripstif dan statistk inferensial menggunakan
SPSS for Windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran daring dan
luring dalam kondisi baik dan hasil belajar siswa termasuk dalam kategori yang
tinggi, sedangkan pengaruh model pembelajaran daring dan luring berpengaruh
positif sebesar 31,1% dan signifikan (0,000 < 0,05) H0 ditolak H1 diterima, artinya
koefisien bernilai positif dan terdapat hubungan yang positif antar kedua variabel.
Sehingga dapat diartikan bahwa model pembelajaran daring dan luring
berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sejarah kebudayaan Islam kelas VII di
Madrasah Tsanawiyah Negeri Palopo.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Daring dan Luring, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 11 Jan 2023 01:46
Last Modified: 11 Jan 2023 01:46
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5067

Actions (login required)

View Item View Item