JANNAH, GHOFIRATUL (2022) DAMPAK PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PERILAKU BELAJAR PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH YAMINAS NOLING KABUPATEN LUWU TAHUN AJARAN 2019/2020. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
GHOFIRATUL JANNAH.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Ghofiratul Jannah, 2018. “Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Perilaku
Belajar Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Yaminas Noling
Kabupaten Luwu Tahun Ajaran 2019/2020 Tahun Ajaran
2019/2020.” Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Palopo, Dibimbing Oleh Abdul Pirol. dan Makmur.
Skripsi ini membahas Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Perilaku
Belajar Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Yaminas Noling Kabupaten Luwu
Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui proses
pembelajaran daring pada peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Yaminas Noling
Kabupaten Luwu Tahun Ajaran 2019/2020; mengetahui dampak pembelajaran
daring terhadap perilaku belajar peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Yaminas
Noling Kabupaten Luwu Tahun Ajaran 2019/2020.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan
metode deskriptif kualitatif. Narasumber dalam penelitian ini: Kepala Sekolah,
Guru, Wali dan Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Yaminas Noling dengan
jumlah 10 (Sepuluh) orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu:
observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini, yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian
ini, yaitu: triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran daring di
Madrasah Ibtidaiyah Yaminas Noling Kabupaten Luwu pada Tahun Ajaran
2019/2020 dilakukan melalui aplikasi grup WhatsApp dengan memberikan materi
pelajaran, tugas atau informasi melalui pesan atau rekaman suara. Dampak
pembelajaran daring terhadap perilaku belajar peserta didik di Madrasah
Ibtidaiyah Yaminas Noling Kabupaten Luwu Tahun Ajaran 2019/2020 cenderung
menurun, hal ini disebabkan oleh dua faktor yaitu: a) faktor internal yang
meliputi: menurunnya minat dan motivasi belajar, b) faktor eksternal meliputi:
sarana dan prasarana yang tidak memadai, kurangnya variasi dalam pembelajaran
dan kurangnya pengawasan orangtua dan guru.
Kata Kunci: Dampak, Pembelajaran Daring, Perilaku Belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Sekolah Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 11 Jan 2023 02:15 |
Last Modified: | 11 Jan 2023 02:15 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5069 |
Actions (login required)
View Item |