KEJENUHAN DALAM BELAJAR (Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Palopo)

JANNAH, MIFTAHUL (2022) KEJENUHAN DALAM BELAJAR (Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Palopo). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of MIFTAHUL JANNAH.pdf] Text
MIFTAHUL JANNAH.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Miftahul Jannah, 2022. “Kejenuhan dalam Belajar (Strategi Guru Pendidikan
Agama Islam dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Peserta Didik
di Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Palopo)”. Skripsi
Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing
oleh bapak Drs. H. M. Arief R, M.Pd.I. dan bapak Alimuddin,
S.Ud., M.Pd.I.
Skripsi ini membahas tentang Strategi Guru Pendidikan Agama Islam
dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Peserta Didik Kelas VIII.7 di SMPN 8
Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui strategi yang diterapkan guru
Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kejenuhan belajar peserta didik di
kelas VIII.7 SMPN 8 Palopo dan mengetahui faktor yang mendukung dan
menghambat guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kejenuhan belajar
peserta didik kelas VIII.7 di SMPN 8 Palopo.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitin ini yaitu deskriptif
kualitatif yang berfokus pada sesuatu yang terjadi di lokasi penelitian. Informan
pada penelitian ini yaitu guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 8 Palopo dan
peserta didik kelas VIII.7 di SMPN 8 Palopo. Penelitian dilakukan dengan cara
observasi, wawancara, dan studi dokumentasi yang berupa dokumen-dokumen
yang berkaitan dengan data dari SMPN 8 Palopo.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kejenuhan belajar peserta didik
kelas VIII.7 di SMPN 8 Palopo dapat dilihat dengan ciri-ciri keluar masuk kelas
disaat jam pelajaran berlangsung, mengganggu teman saat belajar, sibuk dengan
pekerjaannya sendiri tanpa memperhatikan penjelasan guru, tidur didalam kelas,
tidak konsentrasi ketika belajar, berbicara dengan teman ketika pelajaran
berlangsung, butuh waktu lama untuk memahami dan mengerjakan soal yang
diberikan, serta merasa kurang nyaman atau tidak tenang selama pelajaran
berlangsung. Hal tersebut dapat terjadi karena suasana belajar yang tidak berubah,
cara atau metode yang tidak bervariasi, Kurangnya aktivitas rekreasi atau hiburan
serta adanya ketegangan mental yang kuat dan berlarut-larut pada saat belajar
Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi kejenuhan belajar
peserta didik kelas VIII.7 di SMPN 8 Palopo yaitu menggunakan pendekatan CTL
(Contestual Teaching Learning), menyelingi pembelajaran dengan bercanda dan
menyanyi, bercerita sesuai dengan materi pembelajaran seperti kisah Nabi, menata
ulang lingkungan belajar peserta didik, contohnya mengubah tatanan bangku
peserta didik, serta memberikan motivasi dan dan stimulasi pada peserta didik.
Faktor yang mendukung guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi
kejenuhan belajar peserta didik kelas VIII.7 di SMPN 8 Palopo yaitu metode
pembelajaran, media pembelajaran, kemampuan guru, keadaan kelas yang
kondusif, semangat peserta didik untuk belajar, dan faktor yang berasal dari luar
diri peserta didik seperti teman kelas, guru dan orangtua. Adapun faktor yang
dapat menghambat guru dalam mengatasi kejenuhan belajar peserta didik pada
xxiv
bidang studi pendidikan agama Islam kelas VIII.7 di SMPN 8 Palopo minat,
motivasi, serta faktor fisiologis peserta didik dan guru yang meliputi kesehatan
peserta didik dan guru dalam proses pembelajaran di kelas VIII.7 yaitu faktor
fisiologis peserta didik dan guru yang meliputi kesehatan peserta didik dan guru
dalam proses pembelajaran di kelas.
Kata Kunci: Strategi Guru, Kejenuhan Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 11 Jan 2023 07:10
Last Modified: 11 Jan 2023 07:10
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5072

Actions (login required)

View Item View Item