ANALISIS PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, KENYAMANAN, MANFAAT DAN KEPERCAYAAN YANG MEMPENGARUHI MINAT MENGGUNAKAN BSI MOBILE

PUTRI, NILA KARTIKA (2022) ANALISIS PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN, KENYAMANAN, MANFAAT DAN KEPERCAYAAN YANG MEMPENGARUHI MINAT MENGGUNAKAN BSI MOBILE. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of SKRIPSI NILA KARTIKA PUTRI, S.E Perpus (2).pdf] Text
SKRIPSI NILA KARTIKA PUTRI, S.E Perpus (2).pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Nila Kartika Putri, 2018, “Analisis Persepsi Kemudahan Penggunaan,
Kenyamanan, Manfaat dan Kepercayaan yang Mempengaruhi Minat
Menggunakan BSI Mobile (Studi Kasus Nasabah BSI KCP Palopo
Ratulangi)”. Skripsi Program Studi Perbankan Syariah Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Megasari.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi yang menjadi penentu minat
nasabah dalam menggunakan BSI Mobile di Bank Syariah Indonesia. Jenis
penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan populasi seluruh
nasabah yang menggunakan BSI Mobile di BSI KCP Palopo Ratulangi dengan
pengambilan sampel sebanyak 201 responden menggunakan rumus slovin. Teknik
analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, uji hipotesis, uji regresi
linear berganda dan koefisien determinasi. Alat analisis yang digunakan adalah
bantuan SPSS versi 20. Dari hasil pengolahan data tersebut menunjukkan bahwa
variabel persepsi kemudahan penggunaan, kenyamanan manfaat dan kepercayaan
mempunyai pengaruh terhadap minat nasabah menggunakan BSI Mobile di BSI
KCP Palopo Ratulangi. Dimana persepsi kemudahan penggunaan dengan tingkat
signifikan 0,000 dan nilai thitung > ttabel (4.947 > 1,972), sedangkan persepsi
kenyamanan memperoleh tingkat signifikan sebesar 0,002 dan nilai thitung > ttabel
(3.123 > 1,972), sedangkan persepsi manfaat memperoleh tingkat signifikan
sebesar 0,002 dan nilai thitung > ttabel (2.538 > 1,972) dan persepsi kepercayaan
memperoleh tingkat signifikan sebesar 0,001 dan nilai thitung > ttabel (3.850 >
1,972). Secara simultan juga menunjukkan hasil bahwa keempat variabel persepsi
tersebut berpengaruh terhadap minat nasabah dalam menggunakan BSI Mobile
dengan tingkat signifikan 0,000. Nilai koefisien determinasi (R
2)
sebesar 0,479
atau 47,9%, yang berarti bahwa nilai R2
berada pada tingkatan cukup berarti atau
sedang.
Kata Kunci: Kemudahan, Kenyamanan, Manfaat, Kepercayaan dan Minat

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 12 Jan 2023 05:57
Last Modified: 12 Jan 2023 05:57
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5082

Actions (login required)

View Item View Item