Damsi, Khairawati (2022) IMPLIKASI PTM TERBATAS TERHADAP PERKEMBANGAN RANAH AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DI UPT SMA NEGERI 1 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
KHAIRAWATI DAMSI.pdf Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK
Khairawati Damsi, 2022. “Implikasi PTM terbatas terhadap Perkembangan
Ranah Afektif dan Ranah Psikomotorik Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI di
UPT SMA Negeri 1 Palopo”, Tesis Pascasarjana Program Studi Pendidikan
Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Dr. Nurdin,
K. M.Pd. dan Dr. Hj. Fauziah Zainuddin. M.Ag
Tesis ini memfokuskan pada perkembangan ranah afektif dan
psikomotorik pada penerapan PTM terbatas pada mata pelajaran PAI. Pokok
pembahasan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana bentuk pelaksanaan PTM
terbatas di UPT SMA Negeri 1 Palopo, Bagaimana pelaksanaan PTM terbatas
dalam perkembangan ranah afektif dan psikomotorik peserta didik pada mata
pelajaran PAI di UPT SMA Negeri 1 Palopo, dan Bagaimana implikasi PTM
terbatas pada ranah afektif dan psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran
PAI di UPT SMA Negeri 1 Palopo.
Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui bentuk pelaksanaan PTM
terbatas di UPT SMA Negeri 1 Palopo; mengetahui dampak perkembangan ranah
afektif dan psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran PAI di UPT SMA
Negeri 1 Palopo; mengetahui implikasi PTM terbatas pada ranah afektif dan
psikomotorik peserta didik pada mata pelajaran PAI di UPT SMA Negeri 1
Palopo. Jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pendekatan penelitian pedagogis,
sosiologis dan grounded research. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan
data, antara lain: observasi dengan melakukan pengamatan langsung di lokasi
yang akan diteliti; wawancara dengan cara mewawancarai kepala sekolah,
beberapa guru PAI, guru kurikulum beberapa peserta didik di lokasi penelitian;
dan dokumentasi, di mana peneliti mengambil dokumen-dokumen atau file dari
lokasi peneliti dan triangulasi, dalam keabsahan data peneliti menggunakan
triangulasi teknik dan triangulasi sumber, análisis data, reduksi data, penyajian
data serta penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan PTM terbatas sangat
diapresiasi oleh guru dan peserta didik karena interaksi pembelajaran berbeda
pada saat daring sehingga peserta didik merasakan langsung transfer pengetahuan,
sikap, pengalaman belajar. Pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas
dilaksanakan sesuai dengan prosedur protokol kesehatan, panduan pelaksanaan
PTM terbatas dimasa New Normal. Pihak sekolah telah merencanakan dan
melaksanakan sesuai dengan prosedur pembelajaran tatap muka terbatas, namun
dari segi pelaksanaan proses belajar mengajar, penyampaian materi cukup, dan
hanya menyampaikan point penting saja dan mempertegas pada penyelesaian
tugas, sehingga harus fokus dalam mengikuti pembelajaran. Guru tidak
memanfaatkan model pembelajaran yang interaktif dan tidak melibatkan media
pembelajaran media inovatif yang mendukung penyampaian informasi secara
konkrit kepada peserta didik, sehingga hal demikian berimplikasi pada
perkembangan ranah afektif dan psikomotorik peserta didik serta aktivitas peserta
didik di sekolah dan pengembangan kedua aspek tersebut belum dapat
dilaksanakan secara maksimal.
Kata Kunci: PTM terbatas, Ranah Afektif, Ranah Psikomotorik, Pendidikan
Agama Islam
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi S-2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 13 Jan 2023 01:59 |
Last Modified: | 13 Jan 2023 01:59 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5088 |
Actions (login required)
View Item |