FIQRI.B, NURUL (2022) PENGEMBANGAN.MEDIA.PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN.MACROMEDIA FLASH DI SMPN 5 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
NURUL FIQRI. B.pdf Download (986kB) |
Abstract
ABSTRAK
Nurul Fiqri.B, 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika
Menggunakan Macromedia Flash di SMP 5 Palopo”. Skripsi
Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo.
Dibimbing oleh Alia Lestari dan Sumardin Raupu.
Penggunaan macromedia flash sangat membantu pendidik dalam
menjelaskan materi pembelajaran yang diharapkan. Proses pembelajaran dengan
menggunakan macromedia flash maka peserta didik tidak hanya membayangkan,
tetapi peserta didik juga dapat melihat langsung konsep yang dijelaskan oleh
pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengambarkan prototype akhir dari
media pembelajaran matematika menggunakan macromedia flash di SMPN 5
Palopo serta mengetahui apakah media pembelajaran matematika menggunakan
macromedia flash di SMPN 5 Palopo memenuhi kriteri valid dan praktis.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Untuk
menghasilkan produk media pembelajaran matematika menggunakan macromedia
flash, peneliti menggunakan model ADDIE dengan lima tahap yaitu tahap analisis
(Analysis), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Development),
tahap implementasi (implementation), dan tahap evaluasi (Evaluation). Penelitian
ini dilakukan di SMPN 5 Palopo dengan subjek penelitian yaitu kelas VII. Untuk
tingkat kevalidan produk yang dikembangkan, peneliti ini menyebar lembar
validasi ke pada 3 validator yang kompeten, Sedangkan untuk mengetahui
praktikalitas produk, peneliti menyebar angket praktikalitas kepada peserta didik.
Hasil penelitian pengembangkan media pembelajaran matematika
menggunakan macromedia flash menghasilkan prototype ( halaman pembuka,
halaman navigasi, halaman jenis materi, halaman KD, halaman persegi,halaman
persegipanjang,halaman segitiga, halaman jajargenjang,halaman belahketupat,
halaman trapesium, halaman layang-layang. serta memenuhi kriteria valid dan
praktis digunakan dalam pembelajaran matematika, hasil validasi diperoleh
persentase 88,91% dengan kategori sangat valid dan praktikalitas dari peserta
didik dengan persentase 83,47% dengan kategori sangat praktis.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Bangun Datar, Macromedia Flash.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 01:00 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 01:00 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5090 |
Actions (login required)
View Item |