EFEKTIVITAS KONSELING ISLAM DENGAN TEKNIK MODELING DALAM MENINGKATKAN SELF AWARENESS SISWA KELAS 1 SMP NEGERI 2 BUA PONRANG

ANDRAYANI, ANDRAYANI (2022) EFEKTIVITAS KONSELING ISLAM DENGAN TEKNIK MODELING DALAM MENINGKATKAN SELF AWARENESS SISWA KELAS 1 SMP NEGERI 2 BUA PONRANG. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of ANDRAYANI.pdf] Text
ANDRAYANI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Andrayani, 2022. “Efektivitas Konseling Islam dengan Teknik Modeling dalam
meningkatkan Self Awareness siswa kelas 1 SMP Negeri 2 Bua
Ponrang”. Skripsi Program Studi Bimbingan dan Konseling
Islam Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Institut Agama
Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Baso Hasyim dan Saifur
Rahman.
Skripsi ini membahas tentang Efektivitas Konseling Islam dengan Teknik Modeling
dalam Meningkatkan Self Awareness Siswa Kelas 1 SMP Negeri 2 Bua Ponrang.
Self Awareness adalah kemampuan diri untuk mengenali dirinya sendiri baik itu
dari segi potensi, emosi, dan bisa menyadari perilaku dirinya sendiri. Itulah
pentingnya self awareness (kesadaran diri) bagi siswa untuk belajar dan
memperoleh pengetahuan tergantung pada tingkat kesadaran diri siswa. Masalah
dalam penelitian ini adalah terdapat siswa yang memiliki kesadaran diri yang
rendah. Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui seberapa efektif konseling Islam
dengan teknik modelling dalam meningkatkan self awareness siswa kelas 1 SMP
Negeri 2 Bua Ponrang. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen jenis true
eksperimen dengan model pretest-posttest control group design. Sampel dalam
penelitian ini sebanyak 68 responden yang diambil dari 193 populasi yang memiliki
kesadaran diri rendah. Dalam penelitian ini menggunakan 2 kelompok yaitu
kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa
konseling Islam dengan teknik modeling efektif untuk meningkatkan self awareness
siswa kelas 1 SMP Negeri 2 Bua Ponrang. Dilihat dari hasil uji t, menunjukkan
nilai thitung yang diperoleh dari tabel sebesar 21,050. Perbedaan rata-rata (mean
difference) sebesar 18,500 dan perbedaan antara 16,745 hingga 20,255 (dilihat
pada lower dan upper). Untuk ttabel di microsoft excel memasukkan rumus
=tinv(5%,32), diperoleh hasil sebesar 2,037 . Dapat ditarik kesimpulan bahwa thitung
(21,050) > ttabel (2,037). Ini berarti bahwa ada perbedaan signifikan antara teknik
modeling untuk meningkatkan self awareness kelompok eksperimen dengan kelas
kontrol yang tidak diberikan treatment. Adapun kenaikan persentase self
awareness siswa dari pretest ke posttest yaitu sebesar 88%. Sedangkan sisanya self
awareness dapat ditingkatkan dengan cara lain.
Kata kunci: Konseling Islam, Modeling, Self Awarenes, Siswa

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Program Studi S-1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 16 Jan 2023 07:21
Last Modified: 16 Jan 2023 07:21
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5095

Actions (login required)

View Item View Item