PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI TEMA BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA PADA PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN 38 BORA PALOPO

Yanti, Rachma Dwi (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI TEMA BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA PADA PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN 38 BORA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of RACHMA DWI YANTI.pdf] Text
RACHMA DWI YANTI.pdf

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK
Rachma Dwi Yanti, 2022. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis
Animasi Tema Benda-Benda di Sekitar Kita pada Peserta Didik Kelas V
di SDN 38 Bora Palopo”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Trabiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh pembimbing (I) Hisban
Thaha dan pembimbing (II) Mirnawati.
Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang menjadi sarana perantara
atau pengantar informasi dari sumber kepada penerima. Skripsi ini membahas
sebuah penelitian pengembangan mengenai media pembelajaran berbasis animasi
pada tema benda-benda di sekitar kita. Tujuan dari penelitian ini untuk dapat
menarik indra, menarik minat belajar peserta didik, memahami serta mengingat
informasi atau pesan yang terkandung dalam gambar, dan peserta didik tidak akan
bosan selama proses pembelajaran serta pendidik tidak kehabisan tenaga dalam
mengajar dengan dibantu media pembelajaran.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan research and
development (R & D). Fokus pada media pembelajaran berbasis animasi subtema
benda tunggal dan campuran. Dalam mengembangkan media pembelajaran
berbasis animasi peneliti menggunakan model ADDIE. Media pembelajaran
berbasis animasi yang telah dibuat divalidasi oleh 3 ahli validator di antaranya:
validator bahasa, validator materi dan validator desain.
Hasil validasi kemudian dianalisis untuk mengetahui kevalidan produk
yang telah ditotalkan dan bernilai sangat valid dengan persentase 96%. Hasil
dibuktikan dengan nilai dari ahli bahasa 100%, nilai dari ahli materi 95% dan nilai
dari ahli desain 93%. Dari hasil data praktikalitas yang telah didapatkan dengan 7
poin yang peneliti telah nilai ada 2 penilaian yang baik dengan persentase 75%
dan ada 5 yang bernilai sangat baik dengan persentase 100%. Total dari
keseluruhan bernilai sangat praktis dengan persentase 92%. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis animasi layak untuk digunakan
dalam proses pembelajaran. Respon masing-masing peserta didik terhadap 4
aspek efektif, aspek kreatif, aspek efisien, dan aspek menarik diperoleh rata-rata
dari pengembangan media pembelajaran berbasis animasi adalah rata-rata 75%
termasuk dalam kategori praktis. Maka dapat disimpulkan bahwa media
pembelajaran berbasis animasi untuk peserta didik kelas V di SDN 38 Bora
Palopo adalah praktis.
Kata kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Animasi, Benda-Benda di
sekitar Kita.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 18 Jan 2023 00:20
Last Modified: 18 Jan 2023 00:20
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5099

Actions (login required)

View Item View Item