MUSYAYYIDAH, MUSYAYYIDAH (2022) ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA ARITMATIKA SOSIAL BERDASARKAN TAHAPAN KASTOLAN PADA SISWA KELAS VII MTs NEGERI 2 LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
MUSYAYYIDAH.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
Musyayyidah, 2022. “Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita
Aritmatika Sosial Berdasarkan Tahapan Kastolan Pada Siswa Kelas
VII MTs Negeri 2 Luwu”. Skripsi Program Studi Pendidikan
Matematika Fakultas dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
(IAIN) Palopo. Dibimbing oleh Nur Rahmah dan Sitti Zuhaerah
Thalhah.
Skripsi ini membahas tentang analisis jenis kesalahan serta faktor
penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita aritmatika
sosial berdasarkan tahapan Kastolan pada siswa kelas VII MTs Negeri 2 Luwu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan faktor penyebab kesalahan
yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita aritmatika sosial
berdasarkan tahapan Kastolan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VII B MTs Negeri 2 Luwu yang
berjumlah 27 orang kemudian dipilih 6 orang siswa sebagai subjek penelitian,
pengambilan subjek penelitian didasarkan pada siswa yang paling banyak
melakukan kesalahan dari hasil tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan
yaitu tes, wawancara, dan dokumentasi. Dan teknik analisis data dilakukan dengan
tahapan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Jenis Kesalahan yang
dilakukan oleh siswa kelas VII MTs Negeri 2 Luwu dalam menyelesaikan soal
cerita aritmatika sosial berdasarkan tahapan Kastolan yaitu kesalahan Konseptual,
dimana subjek salah dalam meggunakan rumus pada nomor 3 rumus yang
digunakan adalah rumus harga pembelian sementara yang ditanyakan adalah
untung dan juga terjadi pada nomor 4 dimana subjek menggunakan rumus harga
pembelian namun yang ditanyakan adalah persentase untung. Kesalahan
prosedural, dimana subjek tidak menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan
serta subjek juga tidak mengetahui langkah – langkah dalam menyelesaikan soal.
Dan kesalahan teknik, dimana subjek tidak tahu melakukan operasi pembagian
dengan benar. (2) faktor penyebabnya yaitu kesalahan konseptual, siswa kurang
memahami materi aritmatika dengan jelas, siswa salah dalam memilih rumus, dan
siswa kurang fokus dan sedikit lupa. Kesalahan prosedural, siswa tidak
mengetahui permasalahan dari soal tersebut, siswa tidak mengetahui langkah –
langkah selanjutnya, dan siswa kurang teliti dalam mengerjakan soal. Kesalahan
teknik, siswa tersebut kurang memahami perhitungan pembagian, siswa tersebut
tidak tahu menginput hal yang diketahui kedalam rumus, tidak teliti melakukan
operasi perhitungan dalam menyelesaikan soal yang diberikan, dan asal – asalan
dalam menjawab soal.
Kata kunci : analisis kesalahan, Tahapan Kastolan, Soal Cerita Aritmatika Sosial.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 18 Jan 2023 00:39 |
Last Modified: | 18 Jan 2023 00:39 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5102 |
Actions (login required)
View Item |