ANALISIS MANAJEMEN HUMAS DALAM MEMBANGUN SCHOOL BRANDING DI SMK NEGERI 5 PALOPO

YANTI, PILDA (2022) ANALISIS MANAJEMEN HUMAS DALAM MEMBANGUN SCHOOL BRANDING DI SMK NEGERI 5 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of PILDA YANTI.pdf] Text
PILDA YANTI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Pilda Yanti, 2022 “Analisis Manajemen Humas dalam Membangun School
branding di SMK Negeri 5 Palopo”. Skripsi Program Studi Manajemen
Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama
Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Bapak Hilal Mahmud dan Bapak
Hisbullah.
Penelitian ini mengkaji tentang Analisis Manajemen Humas dalam
Membangun School Branding di SMK Negeri 5 Palopo. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui wujud School branding SMK Negeri 5 Palopo, penerapan
manajemen humas dalam membangun branding SMK Negeri 5 Palopo dan respon
masyarakat terhadap branding di SMK Negeri 5 Palopo.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Data primer dari penelitian ini diperoleh dari kepala sekolah, wakasek
bagian humas, masyarakat dan orang tua siswa. Pengumpulan data melalui
observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa wujud School branding SMK Negeri 5
Palopo yaitu 1) sekolah parawisata unggul, 2) sekolah perhotelan unggul, 3)
sekolah Teknik komputer dan jaringan. Penerapan manajemen humas dalam
membangun branding sebagai berikut : 1) Humas melakukan pertemuan/rapat
orang tua siswa dan masyarakat melalui komite, sekolah juga selalu menjalin
komunikasi baik dengan masyarakat dan orang tua dengan cara melibatkan
masyarakat dan orang tua dalam kegiatan sekolah seperti PSG begitupun dengan
kegiatan masyarakat maka sekolah juga ikut berpartisipasi. 2) Kegiatan sosialisasi
pencitraan sekolah dilakukan melalui sebuah promosi, mengikuti lomba sepak
bola dan matematika, brosur atau langsung sekolah untuk melakukan sosialisasi.
3) Sekolah berusaha meningkatkan citra sekolah sehingga mendapat respon baik
dari masyarakat dengan cara meningkatkan kualitas sekolah melalui lulusan atau
alumni yang berkualitas yang dapat bekerja sesuai jurusan setelah lulus. 4) Dalam
memelihara kerja sama dengan masyarakat dilakukan dengan menjalin silataruhmi
yang baik. Setiap program sekolah, masyarakat selalu dilibatkan begitupun
kegiatan yang dilakukan masyarakat, sekolah berusaha untuk berpartisipasi.
Respon masyarakat terhadap branding SMK Negeri 5 Palopo yaitu 1)
Pertimbangan orang tua dalam menyekolahkan anaknya di SMK Negeri 5 Palopo
karena kualitas sekolah yang cukup baik dan pertimbangan lainnya dengan
mengikuti kemauan anaknya. 2) Citra SMK Negeri 5 Palopo menurut orang tua
dan masyarakat direspon dengan baik. Menurut masyarakat dan orang tua, SMK
Negeri 5 Palopo merupakan sekolah yang sangat cocok bagi siswa yang ingin
langsung bekerja setelah lulus. 3) Untuk meningkatkan citra sekolah untuk lebih
baik dapat dilakukan dengan lebih giat dalam melakukan pemasaran sekolah dan
tetap fokus untuk meningkatkan sekolah maupun siswa sehingga menciptakan
alumni yang bermutu.
Kata Kunci : Analisis, Manajemen Humas, School Branding

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 25 Jan 2023 00:47
Last Modified: 25 Jan 2023 00:47
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5131

Actions (login required)

View Item View Item