PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TELAAH YURISPRUDENSI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 BUA

TASBI, NURFADILA (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TELAAH YURISPRUDENSI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 BUA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of NURFADILA TASBI.pdf] Text
NURFADILA TASBI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurfadila Tasbi, 2021. “Penerapan Model Pembelajaran Telaah Yurisprudensi
Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada
Mata Pelajaran PAI di Kelas VIII SMP Negeri 3 Bua”
Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Palopo. Dibimbing oleh Munir Yusuf dan Firman Patawari.
Skripsi ini membahas tentang model pembelajaran Telaah Yurisprudensi
Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI di
Kelas VIII SMP Negeri 3 Bua. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas
yang dilaksanakan 2 siklus, subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII
terdiri dari 30 orang dan peneliti melaksanakan pelajaran pendidikan Agama
Islam (PAI). Pengumpulan data dalam penelitian ini ada 3 Tahap (1) Observasi (2)
Wawancara (3) Tes, hasil penelitian pada tes tersebut mengungkapkan bahwa
melalui model pembelajaran telaah yurisprundensi dalam proses pembelajaran
peserta didik di bimbing, diajarkan untuk bisa memperhatikan terhadap apa yang
disampaikan, diajarkan untuk bisa mengembangkan ilmu yang dia miliki,
menghargai satu sama lain. Model pembelajaran ini dapat meningkatkan
kemampuan peserta didik dilihat dari hasil Persentase ketuntasan peserta didik,
data Persentase awal pra siklus 50% dan peserta didik belum dikatakan tuntas dari
hasil belajaranya, pada data selanjutnya pada siklus I Persentase 80% peserta
didik sudah mulai bisa menyusaikan dirinya masing-masing dan dengan
menerapkan model pembelajaran telaah yurisprudensi ke tahap selanjutnya pada
siklus terakhir siklus II peserta didik dari hasil belajarnya dikatakan sudah tuntas
pada Persentase 93%
Kata Kunci: Penerapan, Model Pembelajaran, Telaah Yurisprundensi, belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 25 Jan 2023 01:47
Last Modified: 25 Jan 2023 01:47
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5133

Actions (login required)

View Item View Item