ANALISIS PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 4 PALOPO

MUH. WANTO, MUH. WANTO (2022) ANALISIS PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI 4 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of MUH. WANTO.pdf] Text
MUH. WANTO.pdf

Download (965kB)

Abstract

ABSTRAK
Muh. wanto, 2022.“Analisis Pelaksanaan Kurikulum 2013 pada bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 4 Palopo”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Sukirman Nurdjan dan Nursaeni.
Skripsi ini membahas tentang Pelaksanaan kurikulum 2013 pada bidang studi pendidikan agama Islam di SMA Negeri 4 Palopo. Dengan tujuan: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum 2013 pada bidang studi pendidikan agama Islam di SMA Negeri 4 Palopo; 2) Untuk mengetahui hambatan kurikulum 2013 pada bidang studi pendidikan agama Islam; 3) Untuk mngetahui cara mengatasi hambatan kurikulum 2013 pada bidang studi pendidikan agama Islam di SMA Negeri 4 Palopo.
Jenis penelian ini adalah penelitian lapangan yang berbentuk deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang fokus pada pelaksanaan kurikulum 2013, pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber informasi yaitu wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum, guru Pendidikan Agama Islam dan Peserta didik di SMA Negeri 4 Palopo.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Pelaksanaan kurikulum 2013 yang dilakukan guru pendidikan agama Islam di SMA Negeri 4 Palopo sudah berjalan dengan maksimal karena segala proses yang dilakukan sudah sesuai dengan aturan dalam pelaksanaan kurikulum 2013, mulai dari tahap kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Meskipun pada tahapan pelaksanaan belum sepenuhnya terlaksana karena semuanya merupakan proses yang mana harus berjalan dari awal, tetapi guru pendidikan agama Islam berusaha untuk memberikan pengajaran yang maksimal dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. 2) Hambatan kurikulum 2013 pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 4 Palopo yaitu kurangnya sosialisasi atau pembinaan mengenai kurikulum 2013 terhadap para guru, selain itu, kurang adanya persiapan dari segi sarana dan prasarana Sehingga hal itu akan berdampak pada peserta didik karena proses pembelajaran yang ada di sekolah tidak berjalan secara maksimal sesuai dengan pembelajaran kurikulum 2013, sehingga tujuan dari kurikulum 2013 tidak dapat tercapai. 3) Cara mengatasi hambatan Kurikulum 2013 pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 4 Palopo dilakukan dengan mempersiapkan guru, pengawas sekolah, komite sekolah, dan tenaga administrasi untuk mengikuti sosialisasi, pelatihan, dan pendidikan agar mereka dapat memahami secara benar mengenai kurikulum 2013. Serta mempersiapkan segala perangkat pembelajaran yang dapat menunjang berlangsungnya proses pembelajaran yang efektif dan efisien.

Kata Kunci : Analisis, Pelaksanaan kurikulum 2013, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 25 Jan 2023 02:21
Last Modified: 25 Jan 2023 02:21
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5135

Actions (login required)

View Item View Item