RAHMADANI M., FITRI (2022) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
FITRI RAHMADANI.M.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Fitri Rahmadani M., 2022 “Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri
Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa
Kelas VIII SMP Negeri 2 Palopo”. Skripsi Program Studi Pendidikan
Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Instutut Agama
Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Dr. Sukirman Nurdjan, S.S., M.Pd.
dan Pertiwi Kamariah Hasis, S.Pd., M.Pd.
Skripsi ini membahas tentang efektivitas penerapan model pembelajaran
inkuiri dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas
VIII SMP Negeri 2 Palopo. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah, (1)
Bagaimana hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP Negeri 2
Palopo yang tidak diajar dengan model pembelajaran inkuiri? (2) Bagaimana hasil
belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Palopo yang
diajar dengan model pembelajaran inkuiri? (3) Apakah model pembelajaran
inkuiri efektif terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII
SMP Negeri 2 Palopo?. Penelitian ini bertujuan, (1) Untuk mengetahui hasil
belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Palopo yang
tidak diajar dengan model pembelajaran inkuiri. (2) Untuk mengetahui hasil
belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Palopo yang
diajar dengan model pembelajaran inkuiri. (3) Untuk mengetahui apakah model
pembelajaran inkuiri efektif terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa
kelas VIII SMP Negeri 2 Palopo.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan
kuantitatif tipe true experimental design yang berdesain pre test-post test control
group design. Populasi penelitian berjumlah 165 siswa terdiri atas 8 kelas yang
tersebar dari kelas VIII.A sampai VIII.H di SMP Negeri 2 Palopo tahun ajaran
2022/2023. Pengambilan sampel ditetapkan dengan menggunakan teknik
proporsional random sampling. Data penelitian diperoleh dari hasil pengamatan
aktivitas siswa dengan menggunakan instrumen lembar observasi dan tes berupa
pre-test dan post-test. Selanjutnya, data penelitian dianalisis dengan statistik
deskriptif dan statistik inferensial.
Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Rata-rata hasil belajar Pendidikan
Agama Islam siswa yang tidak diterapkan model pembelajaran inkuiri = 66,25;
standar deviasi (S) = 8,850; skor terendah = 50 dan skor tertinggi = 80. (2) Rata�rata hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa yang diterapkan model
pembelajaran inkuiri = 80,59; standar deviasi (S) = 12,98; skor terendah = 60 dan
skor tertinggi = 100. (3) Dilihat dari hasil uji hipotesis diperoleh 3,688 ˃ 1,96.
Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa model pembelajaran inkuiri efektif
terhadap meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Hasil Belajar Pendidikan Agama
Islam.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 26 Jan 2023 06:32 |
Last Modified: | 26 Jan 2023 06:32 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5145 |
Actions (login required)
View Item |