PENGARUH PROMOSI DAN PERUBAHAN HARGA EMAS TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH PADA PRODUK TABUNGAN EMAS DI PENGADAIAN SYARIAH CABANG LUWU

WIDYASARI, RESKI (2022) PENGARUH PROMOSI DAN PERUBAHAN HARGA EMAS TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH PADA PRODUK TABUNGAN EMAS DI PENGADAIAN SYARIAH CABANG LUWU. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri Palopo.

[thumbnail of RESKI.pdf] Text
RESKI.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Reski Widyasari, 2022. “Pengaruh Promosi dan Perubahan Harga Emas
Terhadap Keputusan Nasabah pada Produk
Tabungan Emas di Pegadaian Syariah Cabang
Luwu”. Skripsi Program Studi Perbankan Syariah,
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama
Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Akbar Sabani.
Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Promosi dan Perubahan Harga
Emas Terhadap Keputusan Nasabah pada Produk Tabungan Emas di Pegadaian
Syariah Cabang Luwu. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah promosi
dan perubahan harga emas berpengaruh terhadap keputusan nasabah pada produk
tabungan emas di Pegadaian Syariah Cabang Luwu. Penelitian ini menggunakan
metode kuantitatif dengan sampel sebanyak 92 responden. Teknik pengambilan
sampel menggunakan metode probability sampling dengan teknik simple random
sampling (acak sederhana). Variabel independen pada penelitian ini yaitu promosi
(X1) dan perubahan harga emas (X2) sedangkan variabel dependen yaitu
keputusan nasabah (Y). Teknik pengumpulan data yaitu melakukan pembagian
angket/kuesioner. Selanjutnya, teknik analisis data menggunakan uji asumsi
klasik, analisis regresi berganda, uji t dan uji f dengan menggunakan aplikasi
SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan analisis uji t pada
variabel promosi nilai thitung > ttabel atau 3,897 > 1,987 dengan nilai signifikansi
sebesar 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima artinya promosi secara
parsial mempunyai pengaruh positif atau signifikan terhadap keputusan nasabah.
Pada variabel perubahan harga emas nilai thitung > ttabel atau 6,251 > 1,987 dengan
nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima artinya
perubahan harga emas secara parsial mempunyai pengaruh positif atau signifikan
terhadap keputusan nasabah. Sedangkan hasil analisis uji f menghasilkan Fhitung >
Ftabel atau 62,997 > 3,098 dan nilai sig. 0,000 < 0,05. Maka variabel promosi dan
perubahan harga emas secara simultan (bersama-sama) mempengaruhi keputusan
nasabah. Nilai R square diperoleh sebesar 0,586 menunjukkan bahwa 58,6%
variabel keputusan nasabah dapat dijelaskan oleh variabel promosi dan perubahan
harga emas. Sedangkan sisanya 41,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak
dijelaskan dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Promosi, Perubahan Harga Emas, Keputusan Nasabah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Muh. Afandhy Amir
Date Deposited: 26 Jan 2023 06:50
Last Modified: 26 Jan 2023 06:50
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5149

Actions (login required)

View Item View Item