IDENTIFIKASI GESTURE MATEMATIS SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 4 PALOPO

UGRIS, USRIWATI (2022) IDENTIFIKASI GESTURE MATEMATIS SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMP NEGERI 4 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of USRIWATI UGRIS.pdf] Text
USRIWATI UGRIS.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Usriwati Ugris, 2022, “Identifikasi Gesture Matematis Siswa Dalam Proses
Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP Negeri 4 Palopo.
Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
(IAIN) Palopo. Dibimbing oleh Sitti Zuhaerah Thalhah dan
Megasari.
Skripsi ini membahas tentang gesture matematis yang digunakan siswa
kelas VII SMP Negeri 4 Palopo pada saat proses pembelajaran matematika.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gesture matematis yang muncul
pada siswa ketika proses pembelajaran berlangsung. Dalam penelitian ini
klasifikasi gesture yang digunakan berdasarkan klasifikasi gesture dari Alibali
dan Nathan yaitu gesture menunjuk, gesture representasi, dan gesture menulis.
Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Adapun
subjek pada penelitian ini adalah siswa Kelas VII-E SMP Negeri 4 Palopo yang
berjumlah 4 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi dan
pedoman wawancara. Kemudian data yang telah didapat akan dianalisis dengan
menggunakan metode deskriptif untuk mendapatkan hasil.
Setelah melakukan penelitian peneliti menemukan berbagai macam
gesture yang digunakan oleh siswa pada saat proses pembelajaran matematika.
Keseluruhan sebanyak 131 kali gesture yang digunakan oleh siswa yang terdiri
dari 8 gesture menunjuk dengan persentase 14% , 94 gesture representasi dengan
persentase 71% dan 19 gesture menulis dengan persentase 15%. Dengan demikian
dari klasifikasi gesture yang digunakan dalam peneitian ini, gesture yang lebih
cenderung digunakan adalah gesture representasi baik dari kategori kemampuan
tinggi maupun kategori rendah. Namun yang membedakan adalah untuk kategori
kemampuan tinggi lebih sering muncul gesture representasi pada saat siswa
mempresentasikan terkait pertanyaan temannya (pendengar) dengan
menggunakan jari telunjuk dengan begitu penjelasannya akan lebih jelas dan
mudah dipahami oleh temannya., sedangakn pada siswa yang berkemampuan
rendah lebih sering muncul gesture representasi pada saat siswa memecahkan
suatu masalah dalam hal ini menghitung dengan menggunakan jari-jari tangannya
hal ini dilakukan untuk mengurangi beban kognitifnya dengan mengkongkrtikan
sesuatu yang ada pada pikirannya.
Kata kunci: Gesture Matematis, Klasifikasi Gesture, Proses Pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 31 Jan 2023 00:34
Last Modified: 31 Jan 2023 00:34
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5161

Actions (login required)

View Item View Item