PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU ISLAMI PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 5 PALOPO

FEBRIWANTI, RUSNI (2022) PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU ISLAMI PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 5 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of RUSNI FEBRIWANTI.pdf] Text
RUSNI FEBRIWANTI.pdf

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK
Rusni Febriwanti, 2022. “Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap
Peningkatan Perilaku Islami Peserta Didik di SMP Negeri 5
Palopo”. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam
Fakutas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Palopo. Dibimbing oleh Muhaemin dan Abdul Rahim
Karim.
Penelitian ini membahas tentang peranan guru Pendidikan Agama Islam
terhadap peningkatan perilaku islami peserta didik di SMP Negeri 5 Palopo.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Peranan guru Pendidikan Agama
Islam terhadap peningkatan perilaku islami peserta didik di SMP Negeri 5 Palopo
2) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan perilaku islami
peserta didik di SMP Negeri 5 Palopo 2) Dampak dari upaya guru Pendidikan
Agama Islam terhadap Peningkatan Perilaku islami peserta didik di SMP Negeri 5
Palopo. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan mengambil objek
SMP Negeri 5 Palopo. Subjek penelitiannya adalah guru Pendidikan Agama Islam
dan peserta didik. Sumber data yaitu data primer diambil dari sekolah SMP
Negeri 5 Palopo melalui wawancara dengan pihak yang menjadi informan.
Sedangkan data sekunder merupakan sumber yang berupa dokumen sekolah, arsip
sekolah, kajian-kajian teori dan karya tulis ilmiah. Pengumpulkan data dilakukan
dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan
yaitu melakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan guru Pendidikan Agama
Islam terhadap peningkatan perilaku islami peserta didik yaitu sebagai
pembimbing, motivator, konselor, model dan teladan. Guru Pendidikan Agama
Islam sebagai pembimbing yaitu membimbing peserta didik dengan cara
menerapkan dan membiasakan peserta didik untuk berperilaku islami, seperti
senantiasa membaca al-Qur’an, sebagai motivator yaitu memberikan motivasi
kepada peserta didik agar bertutur kata yang baik, menghargai orang lain, sebagai
konselor yaitu membantu menyelesaikan setiap permasalahan peserta didik tetapi
belum maksimal, sebagai model dan teladan, yaitu memberikan contoh perilaku
islami dari segi perbuatan dan perkataan. Upaya guru Pendidikan Agama Islam
dalam meningkatkan perilaku islami peserta didik yaitu melalui kegiatan salat
zuhur dan salat duha berjamaah dan kegiatan penjemputan peserta didik di pagi
hari yang dimana dilakukan dengan cukup baik. Kemudian dari upaya yang telah
dilakukan guru Pendidikan Agama Islam memberikan dampak positif terhadap
peningkatan perilaku islami peserta didik yaitu peserta didik akan terbiasa taat
beribadah, berkata jujur dan disiplin serta peserta didik dapat membiasakan
budaya 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun).
Kata kunci: Peranan, Guru Pendidikan Agama Islam, Perilaku Islami

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 31 Jan 2023 02:59
Last Modified: 31 Jan 2023 02:59
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5172

Actions (login required)

View Item View Item