NURLAILA, NURLAILA (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI DATAR PADA SISWA KELAS VIII SMPN 5 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Text
NURLAILA.pdf Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Nurlaila, 2022. Analisisn kemampuan pemecahan masalah matematika siswa
pokok bahasan bangun ruang sisi datar Pada Siswa kelas VIII SMPN 5
Palopo. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
Dibimbing oleh Muh. Hajarul Aswad dan Lisa Aditya Dwiwansyah Musa.
Skripsi ini membahas tentang analisis deskripsi kemampuan pemecahan
masalah matematika siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar kelas VIII
SMPN 5 Palopo. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam menyelesaikan soal
pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar pada kelas VIII SMP Negeri 5
Palopo.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dirancang untuk
mengetahui pengetahuan pemecahan masalah matematika siswa pada pokok
bahasan bangun ruang sisi datar. Teknik pengumpulan data berupa tes. Instrumen
yang digunakan berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa
yang berjumlah 3 soal.
Subjek penelitian terdiri dari 1 siswa kategori sangat tinggi, 1 siswa
kategori tinggi, 1 siswa kategori sedang, 1 siswa kategori rendah, 1 siswa kategori
sangat rendah. Tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa
menunjukkan bahwa (1) siswa pada kategori sangat tinggi dalam mengerjakan
soal mampu memahami masalah dengan baik, mampu menyusun rencana
penyelesaian dan melaksanakan dengan langkah-langkah penyelesaian yang tepat,
(2) siswa pada kategori tinggi mampu memahami soal dengan baik, menuliskan
informasi yang diketahui dan tidak menuliskan hal apa yang ditanyakan ketika
menjawab soal, mampu menyusun rencana dan melaksanakan rencana
penyelesaian sesuai dengan langkah penyelesaian dengan tepat, (3) Siswa pada
kategori sedang dalam mengerjakan soal mampu memahami soal dengan cukup
baik, namun menuliskan informasi yang diketahui dan hal apa yang ditanyakan
kurang lengkap ketika menjawab soal, mampu menyusun rencana dan
melaksanakan rencana penyelesaian dengan tepat, (4) Siswa pada kategori rendah
dalam mengerjakan soal mampu menuliskan informasi yang diketahui dan
ditanyakan kurang lengkap dengan penyelesaian yang kurang lengkap dan tidak
menjawab semua soal, (5) Siswa dengan kemampuan pemecahan masalah
matematika kategori sangat rendah dalam mengerjakan soal tidak mampu
memahami soal, tidak mampu merencanakan dan melaksanakan penyelesaian,
serta tidak mampu mengevaluasi dan meginterprestasi jawaban yang diperoleh.
Kata Kunci: Kemampuan pemecahan masalah, bangun ruang sisi datar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Harding Sulu |
Date Deposited: | 01 Feb 2023 00:22 |
Last Modified: | 01 Feb 2023 00:22 |
URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5184 |
Actions (login required)
View Item |