PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP MINAT MASYARAKAT KELURAHAN DANGERAKKO UNTUK MENJADI NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA

RAHMA DANI ASIS N., RAHMA DANI ASIS N. (2022) PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP MINAT MASYARAKAT KELURAHAN DANGERAKKO UNTUK MENJADI NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of RAHMA DANI ASIS N.pdf] Text
RAHMA DANI ASIS N.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Rahma Dani Asis N. 2022 “Pengaruh Pengetahuan Produk Terhadap Minat
Masyarakat Kelurahan Dangerakko Untuk Menjadi
Nasabah Bank Syariah Indonesia”. Skripsi Program Studi
Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam
Institut Agama Islam Negeri Palopo. Dibimbing oleh Akbar
Sabani.
Kurangnya pengetahuan produk masyarakat tentang perbanakn syariah membuat
masyarakat lebih memilih Bank Konvensional. Tidak adanya sosialisasi tentang
produk sehingga masyarakat kurang tertarik dengan Bank Syariah. Skripsi ini
membahas tentang pengaruh pengetahuan produk terhadap minat masyarakat
Kelurahan Dangerakko untuk menjadi nasabah di Bank Syariah Indonesia.
Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui apakah pengetahuan produk
berpengaruh terhadap minat masyarakat Kelurahan Dangerakko untuk menjadi
nasabah Bank Syariah Indonesia.Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis
penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh masyarakat
Kelurahan Dangerakko yang berjumlah 4.351 penduduk dengan pengambilan
sampel sebanyak 98 responden menggunakan rumus slovin, serta pengumpulan
data dengan membagikan kuesioner. Pengolahan data menggunakan SPSS versi
25. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji
heteroskedastisitas, uji regresi linier sederhana dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil
pengujian secara parsial menunjukkan bahwa variabel pengetahuan produk
memiliki pengaruh terhadap minat masyarakat Kelurahan Dangerakko untuk
menjadi nasabah Bank Syariah Indonesia. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai
thitung > ttabel (5,313 > 1,984) atau dapat dilihat dengan nilai signifikan sebesar
0,000 < 0,05.
Kata kunci: Pengetahuan Produk, Minat Masyarakat

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Ilmu sosial > 332.1 Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi Bisnis Islam > Program Studi S-1 Perbankan Syariah
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 01 Feb 2023 01:29
Last Modified: 01 Feb 2023 01:29
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5192

Actions (login required)

View Item View Item