P E N G E M B A N G A N E-M O D U L P E M B E L A J A R A N MATEMATIKA BERBANTUAN COURSELABPADA MATERI SEGI EMPAT KELAS VII MTSN KOTA PALOPO

SAMA’ANI, SAMA’ANI (2022) P E N G E M B A N G A N E-M O D U L P E M B E L A J A R A N MATEMATIKA BERBANTUAN COURSELABPADA MATERI SEGI EMPAT KELAS VII MTSN KOTA PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of SAMA'ANI.pdf] Text
SAMA'ANI.pdf

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK
Sama’Ani, 2022. Pengembangan E-modul Pembelajaran Matematika Berbantuan
Courselab Pada Materi Segi Empat Kelas VII MTs Negeri Kota Palopo.
Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. Dibimbing oleh
Rosdiana dan Muhammad Ihsan.
Skripsi ini membahas tentang pengembangan e-modul pembelajaran
matematika berbantuan Courselab pada materi segi empat untuk siswa kelas VII
MTs Negeri Kota Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prototype
akhir pengembangan, validitas dan praktikalitas e-modul matematika berbantuan
Courselab pada materi segi empat. Jenis penelitian ini yaitu penelitian
pengembangan (Research and Development), peneliti menggunakan model Four�D yang terdiri dari empat tahapan yaitu: (1) Tahap define (pendefinisian), (2) Tahap
design (desain), (3) Tahap development (pengembangan), (4) Tahap disseminate
(penyebaran).
Penelitian ini menghasilkan prototype akhir berupa e-modul matematika
berbantuan Courselab. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII MTs Negeri Kota
Palopo tahun ajaran 2021-2022. Instrument yang digunakan adalah lembar validasi
ahli media dan lembar validasi ahli materi/isi serta angket praktikalitas untuk
pendidik dan peserta didik. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah
analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.
Hasil penilaian berdasarkan angket validasi ahli media dan desain diperoleh
skor persentase 78,75% termasuk dalam kategori “cukup valid”. Hasil validasi dari
ahli materi/isi diperoleh skor persentase 89,58% termasuk dalam kategori “sangat
valid”. Hasil praktikalitas dari guru matematika didapatkan skor persentase yaitu
100% yang berarti “sangat praktis” dan tingkat praktikalitas oleh peserta didik
diperoleh skor rata-rata 84,73% yang berarti “sangat praktis”. Berdasarkan hasil
tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul matematika berbantuan Courselab di
MTs Negeri Kota Palopo valid dan praktis untuk dijadikan sebagai media
pembelajaran.
Kata Kunci: Berbantuan Courselab, E-modul, Pembelajaran Matematika,
Pengembangan, Segi Empat

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 01 Feb 2023 06:54
Last Modified: 01 Feb 2023 06:54
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5203

Actions (login required)

View Item View Item