ZULKARNAIN, ZULKARNAIN (2022) MOTIVASI ORANG TUA MENJADIKAN PONDOK PESANTREN SEBAGAI TEMPAT PENDIDIKAN BAGI ANAK (STUDI DI DUSUN KAWARRANG DESA BASSIANG KABUPATEN LUWU). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.
ZULKARNAIN.pdf
Download (3MB)
Abstract
ABSTRAK
Zulkarnain, 2022. "Motivasi orang tua menjadikan pondok pesantren sebagai 
tempat pendidikan bagi anak di dusun Kawarrang desa Bassiang 
kabupaten Luwu". Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam 
Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Perguruan Institut Agama Islam Negeri 
(IAIN) Palopo. Dibimbing oleh (1) Dr. Taqwa, M. Pd, (2) Muh. Agil, S. 
Pd., M.Pd. 
Permasalahan yang mendasar dalam skripsi ini adalah apa yang menjadi motivasi 
orang tua menjadikan pondok pesantren sebagai tempat pendidikan bagi anak di 
dusun Kawarrang. Adapun tujuan penelitian: 1) Untuk mengetahui bagaimana 
bentuk motivasi orang tua menjadikan pondok pesantren sebagai tempat 
pendidikan bagi anak di dusun Kawarrang. 2) Untuk mengetahui faktor apakah 
yang mendukung dan menghambat orang tua menjadikan pondok pesantren 
sebagai tempat pendidikan bagi anak di dusun Kawarrang. Pada penelitian ini 
penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di 
dusun Kawarrang dan waktu pelaksanaan penelitian dimulai dari bulan Juli 
sampai pada bulan November 2021. Adapun data dan sumber data terdiri dari: 1) 
Data primer, yakni data yang diperoleh langsung dari 8 orang tua santri di dusun 
Kawarrang, 2) Data sekunder yakni data yang diperoleh melalui penelusuran 
referensi. Instrumen dalam penelitian ini yakni penulis sendiri sebagai Human 
Instrumen kemudian pedoman wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik 
pengumpulan data ialah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. 
pemeriksaan keabsahan data yakni menggunakan triangulasi sumber dan 
triangulasi teknik. Sedangkan teknik analisis data yakni reduksi data, penyajian 
data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini ialah: 1) Motivasi orang 
tua menjadikan pondok pesantren sebagai tempat pendidikan bagi anak di dusun 
Kawarrang: a) motivasi intrinsik, yakni orang tua ingin menjadikan anaknya 
menjadi anak yang sholeh dan sholehah tidak hanya dari segi aspek ibadah khusus 
tetapi juga dari aspek sosial, serta memiliki akhlakul karimah, b) motivasi 
ekstrinsik, yakni adanya kekhawatiran orang tua terhadap pengaruh lingkungan 
hidup yang negatif, kekhawatiran terhadap pengaruh penggunaan media sosial dan 
rasa kekaguman terhadap ulama yang dikenal luas di tengah masyarakat juga 
menjadi pemicu munculnya motivasi orang tua. 2) Faktor pendukung dan 
penghambat orang tua menjadikan pondok pesantren sebagai tempat pendidikan 
bagi anak: a) faktor pendukung, yakni lingkungan pondok pesantren dan 
pendidikan di pondok pesantren yang lebih mengutakan masalah keagamaan. b)
faktor penghambat, yakni faktor biaya pendidikan, kekhawatiran orang tua 
terhadap anak, pengaruh game online dan pergaulan anak.
Kata Kunci: Motivasi, Pendidikan, Orang Tua, Pondok Pesantren.
| Item Type: | Thesis (Other) | 
|---|---|
| Subjects: | 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu | 
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam | 
| Depositing User: | Harding Sulu | 
| Date Deposited: | 02 Feb 2023 07:15 | 
| Last Modified: | 02 Feb 2023 07:15 | 
| URI: | http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5211 | 
