MOTIVASI ORANG TUA MENJADIKAN PONDOK PESANTREN SEBAGAI TEMPAT PENDIDIKAN BAGI ANAK (STUDI DI DUSUN KAWARRANG DESA BASSIANG KABUPATEN LUWU)

ZULKARNAIN, ZULKARNAIN (2022) MOTIVASI ORANG TUA MENJADIKAN PONDOK PESANTREN SEBAGAI TEMPAT PENDIDIKAN BAGI ANAK (STUDI DI DUSUN KAWARRANG DESA BASSIANG KABUPATEN LUWU). Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of ZULKARNAIN.pdf] Text
ZULKARNAIN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Zulkarnain, 2022. "Motivasi orang tua menjadikan pondok pesantren sebagai
tempat pendidikan bagi anak di dusun Kawarrang desa Bassiang
kabupaten Luwu". Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam
Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Perguruan Institut Agama Islam Negeri
(IAIN) Palopo. Dibimbing oleh (1) Dr. Taqwa, M. Pd, (2) Muh. Agil, S.
Pd., M.Pd.
Permasalahan yang mendasar dalam skripsi ini adalah apa yang menjadi motivasi
orang tua menjadikan pondok pesantren sebagai tempat pendidikan bagi anak di
dusun Kawarrang. Adapun tujuan penelitian: 1) Untuk mengetahui bagaimana
bentuk motivasi orang tua menjadikan pondok pesantren sebagai tempat
pendidikan bagi anak di dusun Kawarrang. 2) Untuk mengetahui faktor apakah
yang mendukung dan menghambat orang tua menjadikan pondok pesantren
sebagai tempat pendidikan bagi anak di dusun Kawarrang. Pada penelitian ini
penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di
dusun Kawarrang dan waktu pelaksanaan penelitian dimulai dari bulan Juli
sampai pada bulan November 2021. Adapun data dan sumber data terdiri dari: 1)
Data primer, yakni data yang diperoleh langsung dari 8 orang tua santri di dusun
Kawarrang, 2) Data sekunder yakni data yang diperoleh melalui penelusuran
referensi. Instrumen dalam penelitian ini yakni penulis sendiri sebagai Human
Instrumen kemudian pedoman wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik
pengumpulan data ialah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
pemeriksaan keabsahan data yakni menggunakan triangulasi sumber dan
triangulasi teknik. Sedangkan teknik analisis data yakni reduksi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini ialah: 1) Motivasi orang
tua menjadikan pondok pesantren sebagai tempat pendidikan bagi anak di dusun
Kawarrang: a) motivasi intrinsik, yakni orang tua ingin menjadikan anaknya
menjadi anak yang sholeh dan sholehah tidak hanya dari segi aspek ibadah khusus
tetapi juga dari aspek sosial, serta memiliki akhlakul karimah, b) motivasi
ekstrinsik, yakni adanya kekhawatiran orang tua terhadap pengaruh lingkungan
hidup yang negatif, kekhawatiran terhadap pengaruh penggunaan media sosial dan
rasa kekaguman terhadap ulama yang dikenal luas di tengah masyarakat juga
menjadi pemicu munculnya motivasi orang tua. 2) Faktor pendukung dan
penghambat orang tua menjadikan pondok pesantren sebagai tempat pendidikan
bagi anak: a) faktor pendukung, yakni lingkungan pondok pesantren dan
pendidikan di pondok pesantren yang lebih mengutakan masalah keagamaan. b)
faktor penghambat, yakni faktor biaya pendidikan, kekhawatiran orang tua
terhadap anak, pengaruh game online dan pergaulan anak.
Kata Kunci: Motivasi, Pendidikan, Orang Tua, Pondok Pesantren.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Agama > 2X7.39 Pendidikan Agama Islam di Lokasi Tertentu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 02 Feb 2023 07:15
Last Modified: 02 Feb 2023 07:15
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5211

Actions (login required)

View Item View Item