PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DAN KEYAKINAN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA 1 SMA NEGERI 4 PALOPO

NURHALISA, SITTI (2022) PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DAN KEYAKINAN DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA 1 SMA NEGERI 4 PALOPO. Other thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo.

[thumbnail of SITTI NURHALISA.pdf] Text
SITTI NURHALISA.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Sitti Nurhalisa, 2022. “Pengaruh Kemampuan Literasi Matematika dan
Keyakinan Diri Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA 1 SMA
Negeri 4 Palopo”. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
(IAIN) Palopo. Dibimbing oleh Nasaruddin dan Arsyad L.
Skripsi ini membahas tentang pengaruh kemampuan literasi matematika
dan keyakinan diri terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 4
Palopo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh
kemampuan literasi matematika terhadap hasil belajar siswa, apakah terdapat
pengaruh kemampuan keyakinan diri terhadap hasil belajar siswa, serta apakah
terdapat pengaruh kemampuan literasi matematika dan keyakinan secara simultan
terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 4 Palopo.
Jenis penelitian kuantitatif deskriptif dengan pendekatan ex post facto.
Populasinya adalah siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 4 Palopo tahun ajaran
2021/2022. Pengambilan sampel dalam penelitian ini sampling jenuh. Sampel
yang digunakan sebanyak 20 orang siswa. Data diperoleh melalui penyebaran
angket dan tes. Selanjutnya data penelitian ini dianalisis menggunakan statistik
deskriptif dan statistik inferensial.
Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) Tidak terdapat pengaruh yang
signifikan secara parsial antara kemampuan literasi matematika terhadap hasil
belajar siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 4 Palopo. Hal ini dibuktikan
berdasarkan hasil analisis data bahwa nilai sebesar 101 2,110
dan nilai sig sebesar 0,921 0,05 maka dapat disimpulkan ditolak
diterima. 2) Tidak terdapat yang signifikan secara parsial antara pengaruh
keyakinan diri terhadap hasil belajar siswa kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 4
Palopo. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil analisis data bahwa nilai
sebesar 1,101 2,110 dan nilai sig sebesar 0,286 0,05 maka dapat
disimpulkan ditolak diterima. 3) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan
antara kemampuan literasi matematika dan keyakinan diri secara simultan
terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 4 Palopo. Hal ini
dibuktikan berdasarkan hasil analisis data bahwa nilai sebesar 1,624
3,59 dan nilai sig 0,226 0,05 maka dapat disimpulkan ditolak
diterima.
Kata Kunci: Kemampuan Literasi Matematika, Keyakinan Diri, Hasil Belajar
Siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Ilmu Pengetahuan Alam, Sains, dan matematika > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Program Studi S-1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Harding Sulu
Date Deposited: 07 Feb 2023 00:18
Last Modified: 07 Feb 2023 00:18
URI: http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/5213

Actions (login required)

View Item View Item